PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP VOLUME PENJUALAN MINUMAN RINGAN COCA COLA DI MAKASSAR

Main Article Content

Sumarsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh brand image terhadap volume penjualan minuman ringan coca cola di Makassar. Penelitian ini menggunakan beberapa variabel yaitu variabel sikap dan tanggapan konsumen yang di nyatakan dalam kategori yang merupakan total skor dari pengisian kuesioner oleh responden dan variabel penjualan rata – rata harian. Dalam menganalisis permasalahan di gunakan analisis uji Chi-Square yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya keterkaitan antara sikap dan tanggapan konsumen pada suatu merek terhadap hasil penjualan. Untuk mengetahui apakah hasil yang diperoleh itu signifikan, terlebih dulu harus dihitung derajat kebebasan. Derajat kebebasan dihitung dari jumlah kolom minus satu dikalikan jumlah baris minus  atau dk = (k – 1)(b – 1). Satu hubungan dinyatakan signifikan jika x2 yang diperoleh adalah sama atau melebihi angka yang terdapat dalam tabel distribusi x2  untuk derajat kebebasan (dk) yang bersangkutan, tingkat signifikan yang dipilih adalah 5% atau 1%. H0 = Tidak ada keterkaitan antara sikap konsumen pada merek terhadap tingkat  penjualan. H=  Ada keterkaitan antara sikap konsumen pada merek terhadap tingkat penjualan.

Article Details