ANALISIS PENGARUH CITRA MERK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI MAKASSAR

Main Article Content

Adli Pasha Ashari
Hardiyono Hardiyono
Nurul Fadilah Aswar

Abstract

Keputusan pembelian konsumen merupakan tujuan dari perusahan dalam melakukan segala aktivitas usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Smartphone Samsung di Makassar baik secara langsung dan pengaruh secara tidak langsung yang dimediasi oleh citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan mengumpulkan data primer yang didapatkan melalui metode penyebaran kuesioner di kota Makassar. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat kualitas produk berpengaruh posisitf dan signifikan terhadap citra merek, harga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap citra merek, promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap citra merek, kualitas produk berpengaruh posisit tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun pengaruh tidak langsung atau mediasi dari citra merek menemukan bahwa kualitas produk, harga, dan citra merek berpengaruh masing-masing berpengaruh positif tidak signifikan jika dimediasi oleh citra merek.

Article Details