Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berawal dari pandemi Covid-19 yang mewabah hampir di seluruh wilayah Indonesia sejak tahun 2020. Adanya kebijakan bidang Pendidikan terkait peralihan pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring, berdampak pada kebiasaan cara belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara belajar siswa pada pembelajaran daring di MI Al-Mumtaz selama Pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Januari sampai April 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I sampai kelas VI di MI Al-Mumtaz Patuk Gunungkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan rumus korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa cara belajar siswa pada pembelajaran daring mempunyai tiga aspek, yaitu: 1) cara belajar; 2) pembelajaran daring; dan 3) sarana prasarana. Aspek cara belajar yang paling banyak diminati siswa MI Al-Mumtaz adalah menggunakan media pembelajaran video, gaya belajar visual, dengan pendampingan orang tua. Aspek yang kedua, pembelajaran daring, waktu belajar siswa yang paling efektif untuk pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa MI Al-Mumtaz paling banyak dilakukan pada pagi hari. Aspek ketiga yaitu sarana prasarana, aspek ini mempunyai kendala dengan jumlah prosentase tertinggi sebesar 47,5 % yaitu kesulitan siswa memahami materi, solusinya adalah bertanya kepada anggota keluarga atau guru.

Keywords

cara belajar, pembelajaran daring, madrasah ibtidaiyah

Article Details

References

  1. Adhe, K. R. 2018. Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 26-31. DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3.
  2. Achdiyat & Warhamni. 2018. Sikap Cara Belajar Dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 49-58. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2353.
  3. Agung, D., A.D. Pratiwi, & I. Novitasari. 2022. Efektivitas Sanksi Hukum Bagi Pelanggaran Protokol Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Makassar. Mandar: Social Science Journal. 1 (1), 37-47. DOI: https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/mandarssj/article/view/1735.
  4. Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
  5. Dabbagh, N. 2007. The online learner: Characteristics and pedagogical implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education (CITE Journal), 7 (3), 217-226. Link: https://citejournal.org/volume-7/issue-3-07/general/the-online-learner-characteristics-and-pedagogical-implications/.
  6. Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
  7. Hadisi, L., & W. Muna. 2015. Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8 (1), 117–140. DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i1.396.
  8. Hakim, M. F., & A. Azis. 2021. Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities. 4 (1), 16-25. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677.
  9. Handarini, O.I., & S.S. Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8 (3), 496-503. DOI : https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503.
  10. Imania, K.A.N., & S.K. Bariah 2019. Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. 5 (1), 31-47. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445.
  11. Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. 2021. Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 241–256. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
  12. Ma’fiyah. 2019. Pengaruh Cara Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP PGRI 35 Serpong. Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI). 1 (2), 13-30. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/kahpi.v1i2.p13-30.9292.
  13. Putri & Roesdiana. 2021. Analisis Cara Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Maju. 8 (1), 125-132. Link: https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/622.
  14. Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
  15. Sinurat, R.., D.S. Tanjung, D. Anzelina, & A.R. Abi. 2021. Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV Di SDN 097376 Sippan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 14 (1), 28-37. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.28-37.
  16. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  17. Syah, M. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung; Remadja Rosda Karya.
  18. Widianti, T.P., S. Musoffa, M.I. Maulana, A.S. Widayati, & R.Z. Falah. 2021. Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam. 18 (10), 17-31. DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1654.