PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy <p><strong>PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya </strong>diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktober dan April) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang fisika dan pembelajarannya yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literatur. Redaksi menerima naskah dengan ketentuan penulisan seperti tercantum pada halaman sampul belakang. Naskah yang masuk ke redaksi PHYDAGOGIC akan diseleksi oleh dewan redaksi.</p> en-US <p>Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (<a href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/">CC BY-NC</a> 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).</p> [email protected] (Hardi Hamzah) [email protected] (Muhammad Nurkhalis Agriawan) Wed, 02 Apr 2025 14:04:19 +0800 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 “STATUS QUO” CHATGPT DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN FISIKA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4645 <p>Revolusi teknologi telah membawa Artificial Intelligence (AI) khususnya ChatGPT menjadi alat potensial dalam pendidikan termasuk Fisika meski penggunaannya masih baru. ChatGPT dapat membantu menjelaskan konsep sulit, namun akurasi informasinya masih dipertanyakan. Kajian literatur diperlukan untuk mengetahui sejauh mana ChatGPT telah berkontribusi dalam pengajaran dan pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi jurnal, asal negara penulis, dan tema penelitian terkait ChatGPT dalam pengajaran dan pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan PRISMA framework yang memiliki tahapan 1) identifikasi, 2) penyaringan dengan memperhatikan kriteria inklusi dan ekslusi, dan 3) analisis data untuk menentukan tema penelitian. Distribusi jurnal menunjukkan dominasi <em>Physical Review Physics Education Research</em> (41,67%), dengan penulis mayoritas berasal dari Eropa (66,67%). ChatGPT memiliki banyak manfaat dalam pengajaran dan pembelajaran fisika antara lain dalam persiapan pengajaran, proses pembelajaran, asesmen pembelajaran, dan dalam praktikum. Hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan ChatGPT dalam menyelesaikan berbagai soal fisika secara teoritis dan konseptual. Penelitian ini menyajikan informasi penting bagi penelitian pendidikan fisika dan pelaksanaan pengajaran fisika.</p> Hilman Qudratuddarsi, Fauziah A, Afiq Agung, Meili Yanti Copyright (c) 2025 PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4645 Wed, 09 Apr 2025 00:23:15 +0800 PENGEMBANGAN PROTOTIPE PENCETAK PAKAN IKAN: UPAYA MENDUKUNG BLUE ECONOMY DAN KETAHANAN PANGAN https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4917 <p>Tingginya harga pakan ikan komersial menjadi tantangan bagi pembudidaya ikan sehingga diperlukan solusi alternatif untuk meningkatkan efisiensi produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe mesin pencetak pakan ikan guna mendukung ketahanan pangan perikanan. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan teknik rekayasa desain untuk menciptakan prototipe yang efisien dan mudah digunakan. Pengembangan mesin melalui tiga tahapan utama, yaitu eksplorasi kebutuhan pengguna, pemodelan desain menggunakan perangkat lunak teknik, serta evaluasi teknis awal melalui simulasi digital. Mesin ini dirancang untuk mengolah berbagai bahan baku alternatif seperti limbah ikan, eceng gondok, dan residu agroindustri menjadi pakan ikan berbentuk pelet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe yang dikembangkan memiliki spesifikasi teknis yang memastikan efisiensi produksi, stabilitas struktural, kemudahan pengoperasian, dan perawatan. Simulasi teknis mengonfirmasi bahwa desain mesin mampu menghasilkan pelet dengan ukuran seragam dan tingkat kepadatan optimal. Pengembangan mesin pencetak pakan ikan ini diharapkan dapat membantu pembudidaya ikan mengurangi ketergantungan pada pakan komersial serta meningkatkan efisiensi produksi.</p> Imam Mishbach, Himawan Himawan, Yohanis Ireneus Mandik, Hardi Hamzah, Nada Pertiwi Papriani, Liyatin Gea Copyright (c) 2025 PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4917 Sat, 05 Apr 2025 00:00:00 +0800 SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENERAPAN FISIKA KOMPUTASI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM ENERGI TERBARUKAN https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4675 <p>Energi terbarukan telah menjadi solusi utama untuk mengatasi tantangan perubahan iklim dan keterbatasan sumber energi fosil. Artikel ini mengulas peran fisika komputasi dalam pengembangan sistem energi terbarukan melalui analisis terhadap 12 literatur terbaru. Penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis simulasi, optimasi, dan kecerdasan buatan memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi, stabilitas, dan keandalan sistem energi terbarukan. Metode seperti kontrol prediktif, logika fuzzy, teori permainan, dan simulasi probabilistik terbukti efektif dalam mengelola ketidakpastian sumber daya, optimasi konfigurasi sistem, dan stabilitas jaringan. Studi ini menegaskan bahwa integrasi teknologi komputasi dalam sistem energi terbarukan mampu menjawab tantangan global di sektor energi dan mendorong keberlanjutan energi di masa depan.</p> Igreya Mitchell Kumendong, Ishak Pawarangan Copyright (c) 2025 PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4675 Sat, 12 Apr 2025 21:42:46 +0800 STUDI LITERATUR: NILAI DLP DAN CTDIVOL PADA PROSEDUR CT-SCAN KEPALA DI TIGA INSTALASI RADIOLOGI https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4724 <p>CT Scan banyak dimanfaatkan untuk pemeriksaaan berbagai organ pada manusia, seperti kepala, abdomen, thorax, dan pemeriksaan lainnya. Dalam bidang radiologi, Pesawat CT Scan merupakan modalitas dengan dosis tertinggi dibandingkan dengan modalitas lainnya. 70% dosis radiasi pada pencitraan medis disumbang oleh CT Scan. Risiko kanker dapat meningkat bergantung pada tinggi rendahnya paparan radiasi yang diterima oleh pasien. Oleh karena itu, perlu diterapkan Diagnostic Reference Level (DRL) agar perlindungan radiasi terhadap pasien dapat dioptimalkan. Penulis mendapatkan bahwa meskipun terdapat sedikit perbedaan dalam metode penelitian, ketiga jurnal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu mengkaji dosis radiasi yang diterima pasien berdasarkan nilai DLP dan CTDIvol CT Scan. Karya Tulis Ilmiah ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Literatur Review (SLR). Penulis melakukan penelusuran literatur atau bahan pustaka, menganalisis literatur tersebut, melakukan analisis data, menginterpretasikan hasil, kemudian menyusun kesimpulan. Perhitungan nilai CTDIvol dan DLP pada ketiga jurnal berbeda-beda. Jurnal pertama untuk nilai DRL kuartil 2 sebesar 55.51 mGy untuk CTDIvol dan 867.00 mGy*cm untuk DLP. Sementara, Jurnal kedua untuk nilai DRL kuartil 3 sebesar 49.84 mGy untuk CTDIvol dan 1133 mGy*cm untuk DLP. Untuk jurnal ketiga, nilai DRL kuartil 3 sebesar 49.90 mGy untuk CTDIvol dan 1199.10 mGy*cm untuk nilai DLP. Hasil penelitian dari ketiga jurnal menunjukkan bahwa nilai DLP dan CTDIvol untuk prosedur CT Scan kepala di instalasi radiologi yang dianalisis masih berada di bawah nilai referensi dari BAPETEN.</p> Evelin Trivena Samaliwu Copyright (c) 2025 PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4724 Tue, 15 Apr 2025 22:37:48 +0800 ANALISIS SUDUT DATANG DAN SUDUT PANTUL BERDASARKAN ARAH PANTULAN CAHAYA PADA PERMUKAAN CERMIN DATAR https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4576 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji hukum pemantulan cahaya dengan menganalisis hubungan antara sudut datang dan sudut pantul pada permukaan cermin datar. Metode yang digunakan adalah eksperimen laboratorium dengan pendekatan kuantitatif, di mana sudut datang dan sudut pantul diukur secara presisi menggunakan alat optik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut datang selalu sama dengan sudut pantul, sesuai dengan hukum pemantulan cahaya. Selain itu, hasil kuantitatif menunjukkan bahwa arah pantulan tidak mempengaruhi hubungan ini secara signifikan. Temuan ini memperkuat validitas hukum pemantulan cahaya serta berkontribusi dalam pemahaman dasar optik, yang relevan untuk bidang pendidikan dan penelitian fisika.</p> Nisryna Afifah Zaida Abyan, Elifia Devi Widiyanti, Riska Putri Anindya, Nadila Ika Puspita, Sudarti Sudarti, Habibah Khusna Baihaqi, Revaldy Bisma Saylendra Copyright (c) 2025 PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4576 Wed, 16 Apr 2025 07:44:57 +0800 ANALISIS KUAT ARUS, TEGANGAN LISTRIK DALAM PENERAPAN HUKUM OHM BERDASARKAN RANGKAIAN SERI DAN PARALEL https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4575 <p>Energi merupakan sumberdaya yang dibutuhkan dalam segala aktivitas manusia, misalnya untuk kebutuhan industri, rumah tangga, pembangunan, dan lain sebagainya. Hukum Ohm menyatakan jika arus listrik mengalir pada suatu konduktor linear dan homogen, akan sebanding lurus dengan tegangan yang ada pada konduktor tersebut, dan akan berbanding terbalik dengan resistansi konduktor. Arus listrik merupakan aliran dari beberapa elektron-elektron&nbsp; antara atom ke atom yang terjadi&nbsp; pada&nbsp; sebuah penghantar dalam kecepatan untuk waktu&nbsp; tertentu. Sedangkan tegangan listrik dapat dihasilkan dengan memberikan tegangan listrik dari suatu pembangkit listrik pada salah satu tempat penghantar yang berarti pada suatu rangkaian listrik, tegangan listrik adalah beda potensial di antara dua titik. Rangkaian seri terjadi apabila kuat arus listrik yang mengalir pada masing-masing beban dalam rangkaian seri merupakan jumlah penurunan tegangan pada rangkaian seri dari setiap masing-masing beban seri dimana tegangan total pada sumber tegangan, kuat arus yang mengalir pada rangkaian seri tergantung jumlah besar beban dalam rangkaian tersebut. Jika salah satu beban atau bagian dari rangkaian terputus, maka aliran arus akan terhenti. Sedangkan pada rangkaian paralel merupakan tegangan pada masing-masing beban sama dengan tegangan sumber, besar kuat arus pada masing-masing cabang tergantung pada besar hambatan pada masing-masing cabang, dan tahanan total pada rangkaian paralel lebih kecil daripada hambatan terkecil. Akibatnya, jika salah satu cabang rangkaian terputus, maka cabang rangkaian yang lain akan&nbsp;tetap&nbsp;menyala.</p> Riska Putri Anindya Copyright (c) 2025 PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4575 Thu, 17 Apr 2025 12:52:12 +0800 PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALITIS MELALUI PRAKTIKUM VIRTUAL VEKTOR DENGAN METODE PROBLEM SOLVING LAB (PSL) https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4322 <p>Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan analitis mahasiswa dalam memahami konsep vektor melalui praktikum virtual berbasis Problem Solving Lab (PSL), yang berfokus pada pengukuran dan pengolahan gaya vektor F1, F2, dan F3. Pendekatan PSL memungkinkan mahasiswa memvisualisasikan arah dan besar gaya vektor dalam simulasi interaktif, sehingga mengatasi keterbatasan laboratorium fisik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan analitis pada kelompok eksperimen, yang menunjukkan efektivitas praktikum virtual berbasis PSL dalam meningkatkan pemahaman konsep vektor serta keterampilan analitis mahasiswa di bidang fisika.</p> Dinaldhi Muhammad Aditya, Adam Malik Copyright (c) 2025 PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/phy/article/view/4322 Fri, 18 Apr 2025 07:21:48 +0800