Main Article Content
Abstract
Cara belajar di abad 21 saat ini telah mengalami perubahan signifikan. Pembelajaran hybrid memadukan luring dan daring mendorong dosen untuk terus berinovasi pada penyajian bahan ajar yang atraktif dan mendorong daya kritis analitis mahasiswa. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk memberikan solusi dengan mengembangkan e-modul interaktif berbasis canva-flipbook pada penuntun praktikum kimia dasar dengan mengintegrasikan materi, tutorial video serta laporan hasil kerja di laboratorium. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Responden penelitian ini adalah 75 Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini menghasilkan produk e-modul dalam bentuk flipbook yang disebar berupa link dengan nilai validasi 4,13 pada aspek materi dan 4,65 pada aspek media sehingga memenuhi kategori sangat valid. Data dari responden diperoleh dengan menggunakan kuisioner berupa pengalaman setelah kegiatan praktikum terkait penerapan e-modul sebagai penuntun praktikum kimia dasar. Hasil evaluasi persentase kepuasan responden menunjukkan e-modul mengasah kemandirian belajar mahasiswa sebesar 85,1% serta media pembelajaran atraktif sebesar 83,1% . Hal ini menunjukkan bahwa e-modul penuntun praktikum kimia dasar sudah baik dan sesuai sebagai bahan ajar.