Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa fase D pada materi cahaya. Penelitian ini melibatkan 20 siswa pada fase D (kelas 8) yang telah mempelajari materi cahaya pada mata pelajaran IPA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal uraian yang terdiri dari 7 butir. Data hasil penelitian dikelompokkan dalam kriteria efektif (effective), cukup (marginal), dan kurang (poor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa fase D pada aspek representasi masalah (representation of problem), dengan sub indikator yaitu merumuskan kembali masalah; merencanakan solusi (planning of solution), dengan sub indikator yaitu mengusulkan hipotesis berada pada kualitas efektif (effective). Sementara aspek lainnya yaitu melaksanakan solusi (execution of solution), dengan sub indikator yaitu membuktikan kebenaran berada pada kualitas cukup (marginal) dan aspek mengevaluasi solusi (evaluation of solution), dengan sub indikator yaitu memeriksa hasil dengan implikasi dari solusi berada pada kualitas kurang (poor).