Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berhitung siswa kelas I SD Inpres 12/79 Mattampawalie Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media counting board, serta untuk mengetahui perbedaan keterampilan berhitung siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas I. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan berhitung yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model PBL berbantuan media counting board. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model PBL, rata-rata nilai keterampilan berhitung siswa adalah 40,35 yang tergolong rendah. Setelah penerapan, rata-rata meningkat menjadi 89,2 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (26,165) > ttabel (2,09302), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan media counting board berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berhitung siswa.

Keywords

keterampilan berhitung probel based learning media counting board

Article Details