Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres 12/79 Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas V dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar memiliki rata-rata 74,83 dengan kategori baik, dan hasil belajar matematika memiliki rata-rata 76,38 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial, diperoleh nilai r_hitung sebesar 0,990 dan r_tabel dengan signifikansi 0,3115 sehingga r_hitung ≥ r_tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres 12/79 Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone.