Pengembangan Perikanan dan Pemasaran Gurita (Octopus sp) di Makassar Sulawesi Selatan

Fisheries and Marketing Development of Octopus sp in Makassar, South Sulawesi

  • Selpiana Mahasiswa Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Maritim
  • Mutemaina Karim Sumber Daya Akuatik Institut Teknologi dan Bisnis Maritim
  • Wayan Kantun Sumber Daya Akuatik Institut Teknologi dan Bisnis Maritim
Keywords: gurita, pengembangan, pasar, SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan menentukan strategi pengembangan perikanan dan pemasaran gurita di Makassar. Metode survey dilakukan untuk pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats). Hasil penelitian mendapatkan 4 (empat) strategi pengembangan perikanan dan pemasaran gurita, yakni 1) Strategi SO dengan perluasan daerah penangkapan dengan sistem informasi yang baik dan peningkatan produksi tangkapan yang sesuai dengan permintaan pasar, 2) Strategi ST melalui penyelesaian potensi konflik  dan implementasi peraturan serta persyaratan ekspor, 3) Strategi WO dengan opsi peningkatan akses permodalan, akses informasi, peningkatan pengetahuan, ketrampilan, kemampuan melakukan penanganan hasil tangkapan serta pemasaran. 4) Strategi WT melalui perluasan wilayah pemasaran dan perbaikan teknologi pengelolaan.

ABSTRACT

The present study aims to determine the strategy for fishery development and marketing of octopus commodity in Makassar. A survey Method was applied for data collection.  A SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats) approach was performed for data analysis. The results suggested four strategies for developing fisheries and octopus marketing, namely 1) SO strategy by expanding fishing areas with a good information system and increasing catch production in accordance with market demand, 2) ST strategy through resolving potential conflicts and implementing regulations and export requirements, 3) WO strategy with options to increase access to capital, information, knowledge, skills and marketing. 4) WT strategy through expansion of marketing area and improvement of management technology.

Published
2021-10-31