Main Article Content

Abstract

Kegiatan menulis merupakan salah satu cara agar ide atau gagasan yang ada di pikiran dapat dikenal oleh orang lain. Dengan menulis pengembangan ide dan gagasan akan lebih terarah dan terorganisir. Bangsa yang maju ditandai dengan berbagai hasil risetnya yang ditandai dengan banyaknya tulisan-tulisan. Hal yang berlawanan dialami oleh Indonesia. Saat ini, Indonesia masih kurang menerbitkan karya ilmiah dibandingkan dengan negara Malaysia dan Singapura. Untuk itu diperlukan workshop penulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa UNCP. Karya tulis ilmiah yang akan dilatihkan adalah PKM-GT dan PKM-AI yang diselenggarakan dan dikompetisikan oleh Dikti. Target dari pelatihan ini adalah 1) Meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah khsususnya PKM-GT dan PKM-AI. 2) Terjadi tukar informasi antara mahasiswa maupun dosen dibidang ilmu pengetahuan khususnya pengetahuan mengenai penulisan karya tulis ilmiah, format, dan jadwal kegiatan. 3) Setelah melalui pelatihan ini diharapkan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh mahasisa dalam hal menulis sebuah karya ilmiah dapat diselesaikan dengan baik. Sementara luaran yang diharapkan pada program ini adalah peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis sebuah karya ilmiah. Selain itu, diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa akan termotivasi untuk menulis dan melahirkan minimal satu karya tulis ilmiah yang siap untuk dikompetisikan.

Keywords

Menulis, PKM-GT, PKM-AI

Article Details

References

  1. Anwar, R. N., Sabrina, S., & Cahyani, A. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6.
  2. Asik, N. (2015). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah melalui pendekatan kolaboratif. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 168-183.
  3. Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.
  4. Ekawati, A. D. (2021). Pelatihan peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah bagi kepala sekolah dan guru sekolah luar biasa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(2), 203-206.
  5. Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8-13.
  6. Hiasa, F., & Canrhas, A. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk meningkatkan kemampuan guru di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Anugerah, 1(1), 33-40.
  7. Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra, 1(2), 318-327.
  8. Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan penggunaan Mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru SMA Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35-39.
  9. Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa stkip andi matappa kabupaten pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39-43.
  10. Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).