Main Article Content

Abstract

Pandemi Corona virus (COVID-19) menimbulkan perubahan dalam bidang pendidikan. Tidak hanya dalam proses pembelajaran, namun juga dalam proses penilaian. Semua hal yang tadinya dilakukan secara luring kini harus dilakukan secara daring. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan quzziz dan socrative sebagai media penilaian online. Peserta kegiatan PKM ini adalah guru SMAN 4 Polewali Mandar. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang berlangsung pada 3-6 Desember 2020 menggunakan aplikasi zoom meeting. Kegiatan PKM ini menghasilkan atusiasme yang tinggi dari guru SMAN 4 Polewali Mandar. Luaran dari kegiatan ini adalah guru mampu membuat soal ulangan harian melalui media quizziz dan socrative.

Keywords

Covid-19 Quzziz Socrative Asesmen Daring

Article Details

How to Cite
Hasan, P. A., Firman, F., Rahman, S. R., Nurdin, G. M., Ariandi, A., Sari, A. P., Wahid, M., Rahman, M. H., Amaliah, N., Irfan, M., Firdaus, F., Hidayah, N., Nurhidayah, N., Sainab, S., Nur, S., & SY, N. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Quizziz dan Socrative sebagai Alternatif Asesmen Daring . SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66 - 70. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v1i2.2107

References

  1. Abdullah, Jimmi, C., Betty, H., Herdini, Ardiansyah. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Socrative untuk Meningkatkan Lierasi Digital Guru di Kecamatan Pangkalan Kuras. Jurnal Publikasi Pendidikan. 11(1):42-48.
  2. Ardiana, Nurazmi, Ariana. (2021). Pelatihan Pengembangan Digital Assessment bagi Guru-Guru di MTS Muhammadiyah Mandalle Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri. 5(2):183-192.
  3. Bafadal, M.F., Rima, R., Ilham. (2021). Pelatihan Pengajaran menggunakan Quizziz pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa SMP pada Guru-Guru SMPN 2 Kediri, Lombok Barat NTB.
  4. Dibia, I.K., Ndara, T.R., Kadek, Y., Luh, A., I Gede, A.W. (2021). Pelatihan Aplikasi Quizziz bagi Guru untuk Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa secara Daring. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT). 2(1):1-7.
  5. Ginting, J.M., Rasyid, K.M., Vincent, Y., Muhammad, A., Rafa, O., Igusti, W.N.P. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizziz dan Kahoot serta Penyuluhan Vaksinasi Covid-19. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro). 3(1):312-316. E-ISSN: 2714-8599.
  6. Iryanti, S.S., Muhammad, A.R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Bandicam dan Quizziz dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru SDN Menting Atas 14. Jurnal Publikasi Pendidikan. 12(1):16-21.
  7. Kristanti, E., Giri, I.K., Nila, P.S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis Mobile Learning sebagai Upaya Menghadapi Era Pendidikan 4.0. Jurnal Widya Laksana. 10(1):59-65.
  8. Suhara, A.M., Dida, F., Indra, P. (2020). Pelatihan Pembelajaran E-Learning Socrative pada Guru Bahasa Indonesia Kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi. 3(2): 415-424.
  9. Wahyuni, S., Jan, M., Dwi, R., Sri, W.F. (2019). Persepsi Guru terhadap Penggunaan Socrative sebagai Media Penilaian Interaktif. Seminar Nasional Pascasarjana.