Main Article Content

Abstract

Guru merupakan Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia dan pembentukan pribadi manusia yang berkualitas sehingga kemajuan suatu bangsa sangat tergantung pada sumber daya manusia itu sendiri. Sekolah merupakan tempat untuk membentuk sumber daya manusia yang siap menghadapi perubahan zaman. Pandemi Covid 19 membuat perubahan yang besar pada dunia. Hal ini berdampak juga pada proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman dan pengaruh globalisasi yang terus terjadi, seakan- akan menuntut manusia untuk mengenal dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Kegiatan program Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di Kelurahan Pelitakan, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk: a) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru SD dalam peningkatan mutu pendidikan; dan b) menemukan solusi terhadap persoalan yang dihadapi para guru dalam memajukan dunia pendidikan. Permasalahan mitra adalah: a) rendahnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan; b) kurangnya pengetahuan guru dalam membuat bahan ajar interaktif. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru yang sudah dipilih pada saat observasi. Pelatihan ini diberikan kepada para guru dengan jumlah 10 orang guru. Luaran yang diharapkan adalah: 1) Guru yang mampu membuat bahan ajar interaktif; 2) Terbiasa menggunakan aplikasi Lectora Inspire dan aplikasi Canva; publikasi ilmiah

Keywords

Lectora Inspire Canva Guru Pasca Pandemi Covid-19

Article Details

How to Cite
Nur, S., & Jirana. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire dan Canva Sebagai Solusi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 pada Guru-guru di SDN No.024 Pelitakan. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v1i2.2191

References

  1. Aji, Adam, A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Google Classroom pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Darul Falah Batu Jangkih. El-Hikam.13(1), 66-82.
  2. Aprida, M., & Ali, M. (2020). Analisis Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Terhadap Pembelajran Daring Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 237-250.
  3. Arifin, A.R., Ismial., Daud, F., & Azis, A.. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva sebagai Strategi untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 4(4), 775- 783.
  4. Mas’ud, M. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora, Yogyakarta:Shonif,
  5. Monoimbar, J. (2019). “Pembaruan sistem pendidikandalam mengikuti zaman”. http://www.kompasiana.com/jackymononimbar9251/5Cd170a46c329d5b02 376712/pembaruan-sistem-pendidikan-dalam-mengikuti-zaman.
  6. Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
  7. Rubiantica, R., Sutomo, M., & Suhardi, A.A.. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. 7(3), 98-104
  8. Salikha, N.D., Primadewi, A.,& Iman, M.S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM. 20(1), 9-16.
  9. Wartomo. (2016). Peran Guru dalam Pembelajaran Era Digital. Temu Ilmiah Nasional Guru VIII.,3(1), 73-77.