Main Article Content

Abstract

Indonesia adalah Negara pemilik bahasa daerah terbanyak, namun ada banyak faktor yang mempengaruhi punahnya bahasa-bahasa daerah tersebut. Diantaranya adanya pengaruh globalisasi, etnis mayoritas dan minioritas, serta kurangnya minat generasi muda terhadap budaya. Permasalahan yang terjadi pada lingkup jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yaitu minimnya pengetahuan peserta didik tentang budaya lokal khususnya pada bahasa daerah sehingga diperlukan sebuah pelatihan yang berkegiatan pelatihan kurikulum muatan lokal. Pelatihan adalah kegiatan melatih atau mengembangkan suatu keterampilan dan pengetahuan kepada diri sendiri atau orang lain, yang terkait dengan kompetensi tertentu yang dianggap berguna sedangkan kurikulum adalah sejumlah pengetahuan atau mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan pebelajar guna mencapai suatu tingkatan atau ijazah. Pelatihan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar guna memenuhi program yang terdapat pada Peraturan Daerah No. 02 Tahun 2014 tentang pendidikan. maka dalam hal ini Disdikpora tepatnya di kota Majene mengadakan kegiatan sosialisasi dan melaksanakan sebuah kegiatan dalam bentuk bimbingan teknik pada materi alur tujuan pembelajaran dan modul pembelajaran guna untuk melahirkan kurikulum muatan lokal bahasa daerah dan melahirkan pendidik yang lebih berkualitas lagi.

Keywords

pelatihan, kurikulum, mutan lokal, pendidikan dasar

Article Details

How to Cite
Sartika, D., Arsyad, A. A., Muhiddin, S. M. A., Yanto, N., & Arif, R. N. H. (2023). Pelatihan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar di Majene. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 114 - 118. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v1i2.2475

References

  1. Abdullah Idi, H. (2019). Sosiologi Pendidikan: Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. (H. Safrina HD, Ed.) (Cetakan ke.). Depok: Rajawali Pers.
  2. Kemdikbud. (2021). Apa perbedaan modul ajar, Buku Murid, dan Buku Guru? (2021). Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Retrieved from https://guru.kemendikbud.go.id/faq/categories/perangkat-ajar/questions/apa-perbedaan-modul-ajar-buku-murid-dan-buku-guru
  3. Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran (II.). Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
  4. Susilo. (2022). Contoh Modul P5/Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. MediaEducation.com. Retrieved from https://www.mediaeducations.com/2022/11/contoh-modul-p5-projek-penguatan--profil.html?m=1#:~:text=Modul P5 merupakan dokumen yang,memilik serta memodifikasi modul P5