Main Article Content

Abstract

Guru SD memiliki peran yang krusial dalam membentuk dasar pengetahuan, karakter, dan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu, pengembangan profesionalisme guru SD harus diperhatikan. Salah satu cara untuk memfasilitasi pengembangan profesionalisme guru SD adalah dengan memberikan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelatihan ini sekaligus untuk mengatasi permasalahan substansial yang dihadapi oleh guru mitra di lapangan yaitu sebagian besar guru masih kurang memahami konsep PTK dan masih kurangnya pelatihan PTK yang pernah diikuti oleh guru. Pelatihan PTK ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang sistematis dan terstruktur terkait rancangan PTK, kerangka laporan PTK, dan kerangka manuskrip ilmiah hasil PTK kepada guru SD. Kegiatan ini dilaksanakan pada Bulan September–November 2022 di SDN 024 Pelitakan, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang. Pelaksanaan kegiatan terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan ini memberikan dampak yang baik terhadap pemahaman peserta terkait rancangan PTK, kerangka laporan PTK, dan kerangka manuskrip ilmiah hasil PTK.

Keywords

Penelitian Tindakan Kelas Profesionalisme Guru SD

Article Details

How to Cite
Fausan, M. M., Pujiastuti, I. P., Nur, S., & Rafiqa, R. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 63 - 69. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i1.2984

References

  1. Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.
  2. Kamil, P. M. (2018). Perbedaan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia dengan menggunakan media power point dan media torso. Bioedusiana, 3(2), 64–68. https://doi.org/10.34289/277901
  3. Mostofo, J., & Zambo, R. (2015). Improving instruction in the mathematics methods classroom through action research. Educational Action Research, 23(4), 497–513. https://doi.org/10.1080/09650792.2015.1019903
  4. Pagiling, S. ., Tembang, Y., Lestari, D. P., Riyana, M., Sardiana, I. K., Purnawan, N. L. R., & Siti, N. W. (2023). Pelatihan penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah bagi guru SD dan SMP. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 178–184. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.55607
  5. Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian tindakan kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran dengan berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah sesuai dengan kurikulum tahun 2013 di madrasah tsanawiyah darul hikmah medan. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632
  6. Singh, M. (2018). Digital literacy: An essential life skill in the present era of growing and global educational society. Journal of Advances and Scholarly Researches in Allied Education, 15(8), 62–67. https://doi.org/10.29070/15/57868