Main Article Content

Abstract

Sebagai media tanam pengganti tanah, hirdoponik digunakan untuk membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air yang telah dilarutkan dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Hidroponik dapat digunakan sebagai salah satu cara alternatif bagi daerah yang memiliki masalah keterbatasan lahan pertanian, tingkat kesuburan tanah yang rendah, dan wilayah padat penduduk. Dalam kegiatan pelatihan ini dilakukan budidaya tanaman menggunakan media self-watering. Selain media tanam hidroponik, pelatihan juga mengajarkan cara menanam selada. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kampung Maribu. Kegiatan pengenalan metode hidroponik bagi masyarakat Kampung Maribu sudah berjalan dengan baik. Peserta dari Kampung Maribu menyambut positif kegiatan ini terlihat dari antusiasme yang sangat tinggi.

Keywords

Hydroponic Self-watering; Kampung Maribu-Jayapura

Article Details

How to Cite
Bowaire , A. N., Asmuruf , F. A., Assa, I., Kawulur, H., Innah, H., Hasifa, H., Isra, N., Asmuruf, M. E., Kuriasih , Y., Alfaruqi, G. A., Anastasia , J., Kogoya, D., Lingga, Y. D., Geriapon , R. S. R., Putri, I. P. D., Kalo, I. S., Gultom, C. R., & Sawias, O. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Maribu, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Papua Melalui Pembuatan Media Tanam Hidroponik. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 26 - 30. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i1.3014

References

  1. Haryanto, E., Suhartini, T., Sunarjono, H., & Rahayu, E. (2006). Sawi & Selada. Penebar Swadaya.
  2. Heriwibowo, K., & Budiana, N. S. (2018). Hidroponik Portabel. Penebar Swadaya.
  3. Istiqomah, S. (2007). Menanam Hidroponik. Azka Mulia Media.
  4. Said, A. (2007). Menanam Mentimun secara Hidroponik. Azka Mulia Media.
  5. Setiawati, D., Sahrul, M., Elfajriah, M., & Ridwan, M. (2020). Tutorial Video Berkebun dengan Metode Self Watering System Menggunakan Botol BekasS.
  6. Singgih, M., Prabawati, K., & Abdulloh, D. (2019). Bercocok Tanam Mudah dengan Sistem Hidroponik NFT. Jurnal Abdikarya, 3.