Main Article Content

Abstract

Mengenal aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif di era digital merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh guru dan siswa. Tercapainya pembelajaran mandiri dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi tentu memerlukan fasilitas pendukung. Tak heran jika pemanfaatan teknologi untuk mengoptimalkan pembelajaran mulai banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah Memperkenalkan aplikasi Quizizz sebagai alat bantu pembelajaran materi konsep getaran di SMA Teruna Bakti Waena Jayapura dengan tujuan membantu guru dan siswa untuk lebih memahami cara penggunaan aplikasi Quizizz dan lebih semangat dalam belajar fisika sehingga memiliki pemahaman yang baik tentang konsep getaran. Hasil dari kegiatan yang dilakukan, siswa dan guru memahami  cara penggunaan aplikasi Quizzizz dan siswa lebih tertarik dalam pembelajaran fisika, terbukti dengan nilai rata-rata  yang dicapai sebesar 87.

Keywords

Aplikasi Quizizz Getaran Siswa Guru

Article Details

How to Cite
Sinaga, E. S., Ngaderman, H., Anou, K. N., Saputrina, T. T., Sudrajad, B., Tulak, N., & Napitupulu, D. (2024). Pengenalan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Konsep Getaran di SMA Teruna Bakti Waena Jayapura. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 190 - 195. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/3164

References

  1. Adams, W. K. et al. (2008). A Study of Education Simulations Part II-Interface Design. Journal of Interactive Learning Research, 19 (4):551-577.
  2. Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi bagi Guru IPA Fisika di Lombok Barat. J. Pendidik. Dan Pengabdi. Masy., 2:120-127
  3. Halliday, Resnick, Walker. (2014). Fundamental of Physics, Edisi ke-10, John Wiley, New York.
  4. Haryadi R dan Nurmala Riza. (2023). Pengaruh penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran Fisika, Academy of Education Journal, 14 (1), 133-141.
  5. Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. J. Kebijek. Dan Pengembangan Pendidikan., 2: 184-192.
  6. Kushendratno. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz pada Masa Pandemi di SMK N 5 Palembang. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, Vol. 1 (3), 179-185
  7. Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). The socioeconomic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International journal of surgery (London, England), 78, 185.
  8. Nunung Supriadi, Destyanisa Tazkiyah, Zuyinatul Isro. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin Vol 5 (1) ;42-51.
  9. Nurfadillah, dkk. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, Volume 1 (2), 108-115
  10. Syaifuddin, M. dan Rahmasari. E . (2023). ” Students’ Response, Learning Interest, and Conceptual Understanding Ability of Two-dimensional Figures in Junior High School: A Study on the Use of Quizizz App” . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 11 (3), 571-586
  11. Suo Yan Mei. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. Journal of Social Science Education and Research, 208-212.
  12. Syafitri, Irmayani. (2022). Pengertian Aplikasi.
  13. https://www.nesabamedia.com/pengertian-aplikasi (Feb 12, 2023).
  14. Zhou, P., Yang, X.-L., Wang, X.-G., Hu, B., Zhang, L., Zhang, W.,Shi, Z.-L. (2020).Apneumonia outbreak associated with a new coronavirus of probable bat origin. Nature. doi:10.1038/s41586-020-2012-7.