Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi motivasi belajar siswa kelas VI SDN 04 Sidoluhur. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada peserta didik yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan menggunakan deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Wawancara dilakukan dengan guru dan siswa kelas VI SDN Sidoluhur serta observasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat motivasi belajar dalam diri siswa yang terdiri dari hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita cita masa depan, penghargaan dalam belajar. Akan tetapi beberapa siswa masih memerlukan dorongan dari luar seperti dorongan, pujian, kesempatan, dan nasihat yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran.

Keywords

Motivasi Belajar Sekolah Dasar Guru

Article Details

How to Cite
Nadila, A. P., Hani’ah, W., & Fahrudin, K. (2024). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 04 Sidoluhur Lawang Kabupaten Malang. Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 105 - 115. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i2.3560

References

  1. Bernard Berelson, B. (1959). “What Missing the Newspaper Means.” In P.F. Lazarsfeld, & F.M. Stanton (Eds.), Communication Research 1948-9, 111–129.
  2. Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Kencana Predana Media Group.
  3. Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
  4. Ena, Z., & Djami, S. H. (2021). Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Among Makarti, 13(2), 68–77.
  5. Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790
  6. Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya Offset.
  7. Kustyamegasari, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Banyuajuh 6 Kamal. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 582–589. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1098
  8. Manuhutu, S. (2015). Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi Kelas VIII Smp Negeri 6 Ambon. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 104–115. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.147
  9. Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97.
  10. Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT. Remaja Rosdakarya.
  11. NURUL HIDAYAH, F. H. (2016). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016/2017. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2).
  12. Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
  13. Risqi, H. B., Saleh, C., & Prihatini, D. (2016). Pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja melalui perilaku kerja karyawan honorer Hotel dan Pemandian Kebonagung Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa 2016.
  14. Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.
  15. Sholihah, A. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, 1–5.
  16. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
  17. Uno, H. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. PT Bumi Aksara. Uno, H. (2017). Teori motivasi dan pengukurannya. PT Bumi Aksara.