Main Article Content

Abstract

Pengabdian ini mengusung tema parenting untuk memperdalam pengetahuan tentang pola asuh orang tua ramah anak. Kegiatan  ini dilaksanakan  selama  tiga hari mulai tanggal 27-29 September 2022 bertempat di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi (BPMP), Kabupaten Majene dengan jumlah peserta sebanyak 75 orang yang terdiri dari 60 orang tua dan 15 guru dari 5 (lima) Sekolah Dasar di Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat yakni SDN 12 Pangale, SD Inpres 44  Buttu, SDN 59 Limboro Timur, SDN 9 Tande, dan SDN 29 Inpres Purrau. Jumlah peserta dibagi menjadi tiga yaitu sebanyak 25 orang setiap harinya (20 orang tua dan 5 guru). Pada tahap pelatihan, materi yang diberikan kepada orangtua dan guru sebagai peserta yakni bagaimana menjadi orangtua yang adaptif, tahapan perkembangan anak, ragam kecerdasan dan kepribadian anak, dan strategi berkomunikasi dengan anak. Kegiatan ini membuat para peserta begitu antusias mulai dari pembukaan hingga refleksi dan penutup. Kegiatan ini akan membantu para orangtua baik di rumah maupun di sekolah untuk menerapkan pola asuh yang tepat dalam rangka memperbaiki proses tumbuh kembang anak hingga dewasa.

Keywords

Pelatihan Orang Tua dan Guru Pengasuhan Ramah Anak

Article Details

How to Cite
Paris, N., & Hustiana, H. (2024). Pelatihan Orang Tua dan Guru: Teknik Pengasuhan Ramah Anak di Kabupaten Majene. Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 125 - 134. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i2.3639

References

  1. Aprilia, Clarisa Ayu, Novia Ayya Shofia, and Wann Nurdiana Sari. 2021. “Pentingnya Kontribusi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah.” J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah 1(1):20–30. doi: 10.56799/jceki.v1i1.15.
  2. Ayunda, Desy Sary, Muhammad, Nuraina, and Wulanda. 2023. “Pelatihan Orang Tua Sebagai Mitra Pendidikan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di SMA Lhoksemawe.” PASAI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):47–52.
  3. Djuhaepa, Nur Zuhriya, Nurul Ain, Qhanita Ghanaya Has, Sindi Agustina, Ahmad Ridfah, and Ismalandari Ismail. 2022. “Psikoedukasi Pola Pengasuhan Pada Perkembangan Anak.” AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(10):1205–10.
  4. Ganevi, Noni. 2013. “Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orangtua Dalam Menumbuhkan Perilaku Keluarga Ramah Anak (Studi Deskriptif Di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Ikhlas Kota Bandung).” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 9(2).
  5. Kholil, Abdul. 2022. “Kolaborasi Peran Serta Orang Tua Dan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring | Jurnal Pendidikan Guru.”
  6. Lasmini, Bunga Septiani, Siti Aisyah, Eriska Selvia, and Yecha Febrienitha Putri. 2022. “Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting: Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting.” Jurnal Multidisipliner Kapalamada 1(02 Juni):275–80.
  7. Risdoyok, Risdoyok, and Wedra Aprison. 2021. “Kerjasama Guru Pai Dan Orang Tua Dalam Menghadapi Pembelajaran Selama Covid-19.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2319–35.
  8. Ruli, Efrianus. 2020. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak.” Jurnal Edukasi Nonformal 1(1):143–46.
  9. Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” 5.
  10. Sartika, Dewi, Arie Arma Arsyad, St Mutia Alfiyanti Muhiddin, Nurfitra Yanto, and Rifda Nur Hikmahwati Arif. 2023. “Pelatihan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar Di Majene.” SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):114–18. doi: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2475.
  11. Sinaga, Joel Setiawan, Suryati, and Dina Syaflita. 2023. “Implementasi Dan Manfaat ICE-Breaking Pada Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 11 Pekanbaru.” JURNAL ARMADA PENDIDIKAN 1(1):1–5. doi: 10.60041/jap.v1i1.6.
  12. Siregar, Muhammad Yusuf, Ainul Masthura Azis, Chofifah Khairi Ananda, and Dwi Septiani Septiani. 2022. “Pengaruh Pola Asuh Orangtua Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak.” Al Ittihadu 1(1):33–41.
  13. Sulastri, Sulastri, Happy Fitria, and Alfroki Martha. 2020. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Education Research 1(3):258–64. doi: 10.37985/jer.v1i3.30.
  14. Umagap, Wirda AZ, and Ruslan Laisouw. 2021. “Perkembangan Karakter Anak Melalui Pola Asuh Orang Tua Di Rumah.” AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama 15(2):263–83. doi: 10.46339/al-wardah.v15i2.655.
  15. Wiresti, Ririn Dwi, and Na’imah Na’imah. 2020. “Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau Dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak.” Aulad: Journal on Early Childhood 3(1):36–44. doi: 10.31004/aulad.v3i1.53.
  16. Wulansari, Nyi Mas Diane. 2017. Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak di Era Digital. VisiMedia.