Main Article Content

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa maupun guru terkait penggunaan aplikasi Phet Simulation pada materi Arus Listrik Searah yaitu pada Hukum Ohm. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah SMA Pembangunan V Yapis Kota Jayapura. Adapun peserta didik yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu sebanyak 34 orang yang terdiri dari kelas XI, dan XII IPA. Kegiatan tersebut dilakukan dengan dua tahap yaitu yang pertama kami menyampaikan materi singkat terkait arus Listrik searah dan terkait Phet Simulation beserta Langkah-langkah penggunaan dari Phet Simulation tersebut. Setelah materi disampaikan kemudian membagikan LKPD tujuannya agar peserta didik gampang Memahami materi dan penggunaan aplikasi phet. Kemudian selanjutnya dilakukan simulasi terkait penggunaan phet yaitu pada materi hukum Ohm. Ketika simulasi berlangsung, peserta didik beserta guru sangat antusias karena mereka baru mengetahui bahwa kita dapat menggunakan aplikasi phet untuk melakukan praktikum.

Keywords

Phet Simulation Pembelajaran Fisika Hukum Ohm

Article Details

How to Cite
Hajar, S., Akbar, M., Pieter, J., Virman, V., Ayomi, A., Silaban, A., Risamassu, P. V. M., Lasmono, P. G. D., & Lumbu, A. (2024). Pemanfaatan Media Phet Simulation pada Pembelajaran Fisika di SMA Pembangunan V Yapis Kota Jayapura. Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21 - 28. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v3i1.4167

References

  1. A. A. Rais, dkk. 2020. Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Research Journal Vol. 2 No. 1, hal. 1-8
  2. Arabacioglu, S. & Unver, A.O. 2016. Supporting inquiry based laboratory practices with mobile learning to enhance students’ process skills in science education Journal of Baltic Science Education, 15(2):216-230.
  3. Hensberry, Karina, K.R., Moore, E. B., & Perkins, K. (2015). Using technology effectively to teach about Fractions. Journal APMC Vol. 20 No. 4
  4. Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
  5. Pendi Sinulingga, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF). 2 Nomor 1.
  6. Rizaldy, D.R., Nurhayati, E., & Fatimah, Z. 2020. The correlation of digital literaion and STEM to improve Indonesian students skills in 21 st century. International Journal of Asean Education, 1(2):35-40.
  7. S. Prihatiningtyas, dkk. 2013. Implementasi Simulasi Phet Dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII) Volume 2 Nomor 1. hal. 18-22.
  8. Syarifah Rahmiza Muzan. Dkk. 2021. Penggunaan Simulasi Phet Terhadap Efektifitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vo. 5, No. 1, hal. 227-236.
  9. Wuryaningsih, R., & Suharno. (2014). Penerapan Pembelajaran Fisika Dengan Media Simulasi PhET Pada Pokok Bahasan Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 6 Yogyakarta. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY. ISSN :0853-0823.