Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini merupakan workshop pelatihan daur ulang sampah plastik menjadi karya baru dan sederhana. Adapun tema dari kegiatan ini adalah Draaiinase. Tujuan kegiatan memberikan edukasi kepada peserta didik dan guru mengenai bahaya sampah plastic terhadap lingkungan dan pemanfaatan sampah yang dapat didaur ulang menjadi suatu karya sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan di UPT SPF SDN Melayu Muhammadiyah dengan jumlah peserta 25 orang yang meliputi guru dan siswa. Program ini juga mempromosikan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) sebagai langkah-langkah praktis untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Hasil evaluasi menunjukan bahwa program seminar dan workshop berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik tentang pengelolaan sampah. Selain itu, partisipasi aktif siswa menunjukan kesadaran lingkungan yang lebih tinggi di kalangan siswa dan guru.

Keywords

Sampah Plastik Daur Ulang Pelatihan Workshop

Article Details

How to Cite
Wahyuni, W., Yunita, Y., Kurniawati, D. R., Sugira, S., Auliah, T., Narfa, S., Lestari, S., Anita, A., Noviyanti, A. S., Syam, A. H., Ilhamuddin, I., & Quraisy, A. (2024). Workshop Daur Ulang Sampah Plastik untuk Karya Baru dan Sederhana. Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12 - 20. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v3i1.4217

References

  1. Alrashid, D.A., Kahdar, K. (2014). Eksplorasi Sampah Plastik Menggunakan Metode Fabrikasi Untuk Produk Fashion. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain .(1).
  2. Aminudin, Nurwati.(2019). Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Warga Sekitar Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB-AD) Jakarta. JURNAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat BSI. 2(1). 66-79.
  3. Fitri, S.E., Ferza Ray. (2020). Dinamika, Problematika, Dan Implikasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Plastik (Studi Kasus Kota Bogor Dan Kota Bekasi). JURNAL Kebijakan Pembangunan. 15(1).11-24.
  4. Legawa, I.M.,Rustiarini, N.W.,dll. (2021). Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomi. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 2(1).223-234.
  5. Nadlifatin, R.(2018). Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sendang Dajah. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa. 1(1).
  6. Suryono, D.D. (2019). Sampah Plastik Di Perairan Pesisir Dan Laut : Implikasi Kepada Ekosistem Pesisir Dki Jakarta. Jurnal Riset Jakarta, 12(1).17-23.