Main Article Content
Abstract
SMPN Satap Tandassura merupakan salah satu sekolah yang mulai menerapkan kurikulum merdeka yang mana terletak di kecamatan Limboro, kabupaten Polewali Mandar, provinsi Sulawesi Barat. Sekolah tersebut dilengkapi fasilitas pembelajaran yang memadai untuk penerapan kurikulum merdeka karena ditunjang oleh fasilitas seperti komputer, tablet, dan Wifi. Namun guru-guru di sekolah tersebut mayoritas belum terampil menggunakan fasilitas tersebut, sehingga kesulitan membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru-guru di SMPN Satap Tandassura dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis IT, diantaranya bahan ajar berupa e-handout, dan e-LKPD. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa ceramah, dan pelatihan. Adapun tahapan pelaksanaannya yakni, pertama, pemaparan/pemantapan konsep pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka, dan kedua, pelatihan membuat perangkat pembelajaran berbasis IT. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah guru di SMPN Satap Tandassura mampu menyusun perangkat pembelajaran berbasis IT yang sesuai dengan penerapan kurikulum merdeka sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.
Keywords
Article Details
References
- Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022, May). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 3, No. 1, pp. 75-87).
- Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan peran guru dalam kurikulum merdeka belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50.
- Direktorat SD. 2022. Kurikulum Prototipe Utamakan Pembelajaran Berbasis Proyek. Diakses 20 September 2023, dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kurikulum-prototipe-utamakan-pembelajaran-berbasis-proyek#
- Hamidsyukrie, Z. M., Masyhuri, M., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Handayani, N. (2021). Pelatihan Pembuatan Kuis Edukatif sebagai Penunjang Penguasaan Pembelajaran Daring Bagi Guru SMP di Kecamatan Narmada dan Lingsar Lombok Barat Nusa Tenggara Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 12-17.
- Irwan, I., Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran pada masa darurat covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 89-95.
- Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/
- Kholik, E. N. (2021, September). Persiapan pendidikan menghadapi era merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 1299-1307).
- Makki, M. I., & Affaandi, M. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Pamekasan: Duta Media Publishing.
- Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “Independent Learning” in The Era of Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 5(1), 13. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.
- Murdianto, D., & Santoso, D. (2021). Sosialisasi Persiapan Pembelajaran Di Masa New Normal Bagi Guru SMK Di Kota Tarakan. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 53-62.
- Nurwati, A. (2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2).
- Panjaitan, F. (2022). Tujuan Pembelajaran Dalam Pendidikan Kristen Berdasarkan 2 Timotius 3: 16. CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 134-47.
- Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., & Zulkardi, Z. (2022). Studi literatur: implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 110-119.