Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan mitra MTs DDI Lapeo yaitu banyak peserta didik yang menunjukkan ketertarikan rendah terhadap pelajaran sains, khususnya dalam bidang ilmu fisika. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan minat sains peserta didik MTs DDI Lapeo melalui kegiatan pendampingan praktikum fisika. Kegiatan ini dilaksanakan di MTs DDI Lapeo, Desa Lapeo Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat pada 06 Juli sampai 06 September 2024 dengan 17 orang peserta yang terdiri dari peserta didik di MTs DDI Lapeo. Pendampingan praktikum fisika yang dilakukan terdiri dari lima unit percobaan yaitu yaitu Suhu dan Kalor, Prinsip Archimedes, Ayunan Sederhana, Usaha Pada Bidang Miring dan Hukum Hooke. Setelah praktikum selesai, peserta didik dilatih untuk mengolah dan menganalisis data hasil praktikum. Selain itu peserta didik diajarkan pentingnya rasa ingin tahu, menghargai data hasil praktikum, berpikir kritis, kreatif, berpikiran terbuka dan kerjasama, ketekunan, dan menumbuhkan sikap peka terhadap lingkungan dalam bereksperimen dan belajar sains. Berdasarkan hasil pelaksanaan dan evaluasi pengabdian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan praktikum fisika telah berhasil menumbuhkan minat sains peserta didik di MTs DDI lapeo. Pendampingan praktikum berjalan lancar dan peserta didik memberikan respon positif terkait kegiatan praktikum yang dilaksanakan.
Keywords
Article Details
References
- Adfa, M., Wiradimafan, K., Prima Yudha, S. S., Agus Triawan, D., Hadi Wibowo, R., Erliana, D., … Wiwik Endarwati, dan. (2024). PENDAMPINGAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS IPA XI DI MADRASAH ALIYAH AL-KARIM BENGKULU TENGAH. Indonesian Journal of Community Empowerment Service, 4(1), 21–24. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/icomes/index
- Berland, L. K., Schwarz, C. V, Kenyon L, Lo, A. S., & Reiser, B. J. (2018). International Handbook of the Learning Sciences. New York. Retrieved from http://taylorandfrancis.com
- Dwi Rahayu, R., Prayitno, E., Teknologi, S. T., & Cepu, R. (2020). Minat dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran berbasis problem-based learning berbantuan media video. JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN, 4(1), 2020. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1064
- Fitriana, S., Rizaldi, R., Astuti Mardiana, T., Mardiana, N., Amelia, D., Matur Riska, F., … Syahputra, E. (2024). WORKSHOP PENDAMPINGAN PRAKTIKUM FISIKA UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN PSIKOMOTOR SISWA SMK KARYA SETIA PEGAJAHAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI PHYSICS PRACTICAL GUIDANCE WORKSHOP TO STIMULATE PSYCHOMOTOR SKILLS OF STUDENTS OF KARYA SETIA PEGAJAHAN VOCATIONAL SCHOOL, SERDANG BEDAGAI REGENCY. In Journal of Physics and Science Learning (Vol. 08).
- George-Williams, S. R., Ziebell, A. L., Thompson, C. D., & Overton, T. L. (2020). Inquiry-, problem-, context- and industry- based laboratories: an investigation into the impact of large-scale, longitudinal redevelopment on student perceptions of teaching laboratories. International Journal of Science Education, 42(3), 451–468. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1714788
- Greenfield, T. A. (1997). Gender‐and grade‐level differences in science interest and participation. Science Education, 81(3).
- Hayat, M. S., Anggraeni, S., & Redjeki, S. (2011). Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah siswa. Bioma, 1(2), 141–152.
- Hidi, S., & Harackiewicz, J. M. (2000). Motivating the Academically Unmotivated: A Critical Issue for the 21st Century. Review of Educational Research, 70(2), 151–179. Retrieved from http://rer.aera.net
- Hulleman, C. S., & Harackiewicz, J. M. (2009). Promoting interest and performance in high school science classes. Science, 326(5958), 1410–1412. https://doi.org/10.1126/science.1177067
- Lutfin, N. A., Nur Tuada, R., & Rahmadhani, A. (2024). Pelatihan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMAN 2 Campalagian Melalui Kegiatan Pembimbingan Praktikum Fisika. Sipakaraya, 2(2), 135–144. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i1.3658
- Mudawamah, K. (2020). Science Education and Application Journal (SEAJ) Program Studi Pendidikan IPA Peningkatan Hasil Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII A SMPN 1 Ngoro Mojokerto melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Socio-scientific issues. Science Education and Application Journal, 2(2), 52–65. Retrieved from http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ
- Munir, R., Mislan, M., Zarkasi, A., Putri, E. R., Wahidah, W., & Mandang, I. (2023). Upaya Peningkatan Minat Belajar Sains Fisika di SDN 022 Samarinda Utara Melalui Pelatihan Pengukuran Dasar. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4). https://doi.org/10.30651/aks.v7i4.11119
- Nugroho, S. E., & Waslam. (2020). Physics experiment activities to stimulate interest in learning physics and reasoning in high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022069
- Osborne, J., Simon, S., & Collins, S. (2003). Attitudes towards science: A review of the literature and its implications. International Journal of Science Education, 25(9), 1049–1079. https://doi.org/10.1080/0950069032000032199
- Prasetiyawati, D. D. (2015). ANALISA SIKAP DAN MINAT ANAK TERHADAP PENDIDIKAN SAINS PADA TINGKAT PENDIDIKAN DASAR. Semarang.
- Renninger, K. A., Bachrach, J. E., & Hidi, S. E. (2019). Triggering and maintaining interest in early phases of interest development. Learning, Culture and Social Interaction, 23. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.11.007
- Saifudin, A. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sapiruddin, Novianti, A., & Kertanah. (2021). EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PRAKTIKUM FISIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SURALAGA KECAMATAN SURALAGA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 738–742.
- Sekar Utami, L., & Rochyati, N. (2021). PENDAMPINGAN PRAKTIKUM IPA KELOMPOK SISWA BELAJAR LURING BERBASIS SIMPLE EXPERIMENT TOOLS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 846–849.
- Simpson, R. D., & Oliver, J. S. (1990). A Summary of Major Influences on Attitude Toward and Achievement in Science Among Adolescent Students. Science Education, 74(1), 1–18.
- Smith, E. M., Stein, M. M., Walsh, C., & Holmes, N. G. (2020). Direct measurement of the impact of teaching experimentation in physics labs. Physical Review X, 10(1). https://doi.org/10.1103/PhysRevX.10.011029
- Sukmawati, W., Fatayan, A., Yatri, I., & Ninawati, M. (2023). PENDAMPINGAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(8), 3016–3021. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i8.3016-3021
- Untari, M. F. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional UPGRIS.
- Yansen, F., Mossfika, E., & Elfia, L. (2023). Pembelajaran Sains Melalui Mini Praktikum untuk Anak Usia Dini dan Usia Sekolah di Rumah Pintar Kreatif Ampang, Kelurahan Ampang, Sumatera Barat. Seminar Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (SNISTEK) 5 Tahun 2023, 15, 557–561. Retrieved from https://sumbar.bps.go.id/,
- Yulianti, D., & Fianti. (2010). Penerapan Model Bermain Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Sains Siswa Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 48–53.