Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya <p><strong><span data-preserver-spaces="true">Sipakaraya :&nbsp; Jurnal Pengabdian Masyarakat </span></strong><span data-preserver-spaces="true">is an open-access journal published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia </span>which provides a platform for scholars, academics, researchers, and employees, and to anyone with an interest in sharing contemporary thinking in this field. community service in the fields of Mathematics and Natural Sciences, Education and ICT Development. Sipakaraya<span data-preserver-spaces="true">&nbsp;has been indexed by </span><strong><span data-preserver-spaces="true">Sinta 4 (S4), Google Scholar, Garuda, Crossref, and Dimensions. </span></strong>The Sipakaraya Journal will be published regularly twice a year, namely March and September. Authors who wish to submit must register on the Registration Page and use the manuscript template to write an article available here and then submit it to the Sipakaraya Journal OJS system.</p> en-US [email protected] (Ummu Kalsum) [email protected] (Andi Rosman N) Fri, 21 Mar 2025 23:48:43 +0800 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pendampingan Praktikum Fisika Untuk Menumbuhkan Minat Terhadap Sains pada Peserta Didik MTs DDI Lapeo https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4933 <p>Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan mitra MTs DDI Lapeo yaitu banyak peserta didik yang menunjukkan ketertarikan rendah terhadap pelajaran sains, khususnya dalam bidang ilmu fisika. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan minat sains peserta didik MTs DDI Lapeo melalui kegiatan pendampingan praktikum fisika. Kegiatan ini dilaksanakan di MTs DDI Lapeo, Desa Lapeo Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat pada 06 Juli sampai 06 September 2024 dengan 17 orang peserta yang terdiri dari peserta didik di MTs DDI Lapeo. Pendampingan praktikum fisika yang dilakukan terdiri dari lima unit percobaan yaitu yaitu Suhu dan Kalor, Prinsip Archimedes, Ayunan Sederhana, Usaha Pada Bidang Miring dan Hukum Hooke. Setelah praktikum selesai, peserta didik dilatih untuk mengolah dan menganalisis data hasil praktikum. Selain itu peserta didik diajarkan pentingnya rasa ingin tahu, menghargai data hasil praktikum, berpikir kritis, kreatif, berpikiran terbuka dan kerjasama, ketekunan, dan menumbuhkan sikap peka terhadap lingkungan dalam bereksperimen dan belajar sains. Berdasarkan hasil pelaksanaan dan evaluasi pengabdian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan praktikum fisika telah berhasil menumbuhkan minat sains peserta didik di MTs DDI lapeo. Pendampingan praktikum berjalan lancar dan peserta didik memberikan respon positif terkait kegiatan praktikum yang dilaksanakan.</p> Nursakinah Annisa Lutfin, Fauziah A, Rasydah Nur Tuada, Dewi Sartika, Nurlina Nurlina Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4933 Thu, 27 Mar 2025 12:59:54 +0800 Penguatan Peran Masyarakat dalam Konservasi Keanekaragaman Hayati melalui Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di Desa Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4905 <p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan keterampilan masyarakat Desa Tondok Bakaru Mamasa dalam konservasi keanekaragaman hayati melalui pendekatan berbasis kearifan lokal. Kegiatan ini merupakan upaya kolaboratif antara Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sulawesi Barat dan masyarakat desa untuk melestarikan lingkungan lokal sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan akademik. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2024 s.d. Februari 2025 dan melibatkan 29 peserta masyarakat secara langsung, dengan fokus pada pelatihan berbasis partisipasi. Judul program ini adalah “<em>Pelatihan dan Pendampingan Konservasi Keanekaragaman Hayati Berbasis Kearifan Lokal di Desa Tondok Bakaru</em>”. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi yang disampaikan relevan dan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pelestarian ekosistem lokal. Peserta juga mengapresiasi metode pelatihan yang interaktif dan pendampingan yang intensif sebagai langkah penting menuju pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.</p> Sufyan Hakim, Ramlah Ramlah, Nursyamsi SY, Nurman Nurman Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4905 Thu, 27 Mar 2025 15:05:33 +0800 Optimalisasi Produk Bioindustri Minyak Kelapa Mandar Sebagai Inisiatif Transformasi Menjadi Produk Ikonik Unggulan Tanah Mandar https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4939 <p>Kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Tulu, Majene, bertujuan mengembangkan nilai tambah produk kelapa lokal Lomo’ Mandar melalui penerapan konsep bioindustri pertanian. Kurangnya optimalisasi potensi kelapa lokal dan terbatasnya jangkauan pasar menjadi dasar perlunya edukasi dan pelatihan bagi petani serta pengrajin setempat. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan pelatihan kepada petani dan pengrajin lokal mengenai teknik bioindustri yang efisien dan ramah lingkungan, serta strategi pengembangan nilai dan pemasaran produk. Kolaborasi dilakukan bersama kelompok tani setempat yang terlibat secara aktif dalam proses produksi hingga distribusi. Pendekatan yang diterapkan meliputi pelaksanaan workshop, pendampingan intensif, dan simulasi pemasaran berbasis digital. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan penerapan metode bioindustri, efisiensi proses produksi, serta mutu produk kelapa olahan. Selain itu, terdapat peningkatan kapasitas petani dalam memahami strategi pemasaran produk Lomo’ Mandar. Secara keseluruhan, kegiatan ini menunjukkan potensi integrasi bioindustri sebagai langkah strategis dalam upaya optimalisasi nilai produk ikonik unggulan lokal yaitu minyak kelapa mandar secara berkelanjutan.</p> Mufti Hatur Rahmah, Nurhidayah Nurhidayah, Nuralamsah Zulkarnaim, Eni Novitasari, Sugiarti Sugiarti Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4939 Thu, 27 Mar 2025 21:56:01 +0800 Pengembangan Kompetensi Profesional Guru SMPN 6 Majene dalam Penggunaan Canva for Education untuk Media Pembelajaran Interaktif https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4850 <p>Guru adalah seorang profesional yang akuntabel untuk mentransfer wawasan baru, keahlian, dan mengajatkan etika, serta membantu mengembangkan potensi dan kapasitas siswa. Salah satu cara untuk mewujudkan peran tersebut adalah dengan cara meningkatkan kompetensi profesional yakni bagaimana cara guru menggunakan keterampilan yang dimilikinya untuk menkreasikan media pembelajaran agar siswa bisa termotivasi dalam proses belajar yang akan memberikan dampak positif terhadap prestasi mereka. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yang dimulai dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain media pembelajaran yang interaktif. Tema pengabdian ini bermula dari hasil observasi awal di SMPN 6 Majene, dimana ditemukan bahwa sudah ada pelatihan pengembangan media pembelajaran sebelumnya, namun belum membahas lebih dalam tentang cara membuat media pembelajaran menggunakan <em>canva</em> yang interaktif. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru yang berjumlah 15 orang. Ada tiga tahapan dalam proses pengabdian ini yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir dan monitoring. Adapun hasil evaluasi yang ditemukan dilapangan setelah proses penyebaran angket ditemukan bahwa 53,3% peserta merasa puas dengan proses pengabdian, 60% peserta merasa bahwa materi yang disampaikan relevan dengan kebutuhan mereka sebagai guru, 60% peserta merasa bahwa motivasi mereka untuk menggunakan Canva meningkat, dan 53,3% peserta merasa bahwa wawasan mereka tentang Canva meningkat. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini telah berhasil meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan wawasan peserta tentang <em>Canva for Education. </em>Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dapat dianggap sebagai suatu keberhasilan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Hustiana Hustiana, Nur Husnil Khatimah, Dwi Adi Nugroho Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4850 Fri, 28 Mar 2025 10:13:03 +0800 Upaya Meningkatkan Kreativitas Remaja Melalui Pemanfaatan Kain Bekas dan Pembuatan Motif Baju Dengan Teknik Jumputan di Desa Renggeang https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4915 <p>Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mitra dalam bidang tertentu guna meningkatkan produktivitas dan daya saing. Metode pelaksanaan PKM meliputi empat tahapan utama, yaitu identifikasi masalah, perancangan solusi, implementasi kegiatan, serta evaluasi hasil. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan mitra, yang terlihat dari hasil praktik dan umpan balik positif yang diberikan. Evaluasi juga menunjukkan bahwa program ini memberikan manfaat nyata dan berkelanjutan bagi mitra. Dengan demikian, kegiatan PKM ini dapat dikatakan berhasil dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.</p> Jirana Jirana, Mesra Damayanti, Nurmiati Nurmiati Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4915 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0800 Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru SMP Menggunakan Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis IT https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4910 <p>SMPN Satap Tandassura merupakan salah satu sekolah yang mulai menerapkan kurikulum merdeka yang mana terletak di kecamatan Limboro, kabupaten Polewali Mandar, provinsi Sulawesi Barat. Sekolah tersebut dilengkapi fasilitas pembelajaran yang memadai untuk penerapan kurikulum merdeka karena ditunjang oleh fasilitas seperti komputer, tablet, dan Wifi. Namun guru-guru di sekolah tersebut mayoritas belum terampil menggunakan fasilitas tersebut, sehingga kesulitan membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru-guru di SMPN Satap Tandassura dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis IT, diantaranya bahan ajar berupa e-handout, dan e-LKPD. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa ceramah, dan pelatihan. Adapun tahapan pelaksanaannya yakni, pertama, pemaparan/pemantapan konsep pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka, dan kedua, pelatihan membuat perangkat pembelajaran berbasis IT. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah guru di SMPN Satap Tandassura mampu menyusun perangkat pembelajaran berbasis IT yang sesuai dengan penerapan kurikulum merdeka sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.</p> <p>&nbsp;</p> Sainab Sainab, Herna Herna, Supardi Supardi Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4910 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0800 Pengenalan Desain Prototipe Alat Pembuat Pakan Ikan bagi Kelompok Oblokhouw Sejahtera Mandiri di Papua https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4904 <p>Papua memiliki potensi besar dalam sektor perikanan budidaya, tetapi kendala utama yang dihadapi adalah harga pakan yang tinggi dan distribusi yang sulit. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan pengenalan desain prototipe alat pembuat pakan ikan bagi Kelompok Oblokhouw Sejahtera Mandiri di Papua. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang desain alat yang memungkinkan pembudidaya memproduksi pakan secara mandiri dengan bahan baku lokal. Metode kegiatan mencakup survei kebutuhan, sosialisasi konsep desain, diskusi teknis, serta evaluasi kelayakan desain. Kegiatan ini dilaksanakan pada Oktober 2024 di Kampung Yoka dengan melibatkan 11 orang, terdiri dari pembudidaya skala kecil hingga menengah. Sosialisasi memberikan wawasan mengenai pentingnya produksi pakan mandiri, sedangkan diskusi teknis bertujuan menyempurnakan desain agar sesuai dengan kebutuhan pembudidaya. Hasil kegiatan menunjukkan respons positif dari peserta, dengan masukan penting terkait kemudahan operasional, sumber energi, dan efisiensi alat. Evaluasi desain mengindikasikan bahwa alat ini berpotensi mengurangi ketergantungan pada pakan komersial serta meningkatkan keberlanjutan usaha budidaya ikan di Papua. Diharapkan desain prototipe ini dapat menjadi solusi bagi pembudidaya untuk mengakses pakan alternatif yang lebih murah dan mudah diproduksi.</p> Imam Mishbach, Himawan Himawan, Pisi Bethania Titalessy, Lolita Tuhumena, Hardi Hamzah, Nicea Roona Paranoan Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4904 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0800 Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling Serta Manajemen Berbasis Sekolah di MTs DDI Lapeo https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4863 <p>Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait bagaimana implementasi layanan bimbingan dan konseling di MTs DDI Lapeo guna mendukung kesejahteraan mental dan perkembangan karakter siswa. Masalah yang dihadapi oleh siswa di MTs DDI Lapeo, seperti kurangnya dukungan konseling yang terstruktur dan terbatasnya pemahaman siswa serta guru mengenai manfaat bimbingan dan konseling, menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini. Program ini melibatkan serangkaian pelatihan untuk guru, sosialisasi layanan konseling kepada siswa, serta penerapan metode konseling yang berbasis pendekatan individu dan kelompok. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi observasi awal, penyusunan program konseling, pelaksanaan sesi konseling, serta evaluasi efektivitas program. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap layanan konseling, peningkatan keterampilan guru dalam memberikan konseling, serta terbentuknya pola layanan bimbingan dan konseling yang lebih sistematis di sekolah. Melalui pengabdian ini, diharapkan layanan bimbingan dan konseling di MTs DDI Lapeo dapat terus berlanjut secara mandiri, memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan pengembangan karakter siswa.</p> Kartika Hajati, Muh. Jamil Barambangi, Muflihah Baktiar, Faizal Amir, Bilferi Hutapea Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4863 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0800 Pelatihan Living Value Education Program Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4932 <p>Pelatihan <em>Living Value Education Program</em> (LVED) dilakukan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Umumnya guru-guru masih menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan pihak kurikulum tanpa adanya modifikasi yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Adapun sasaran kegiatan ini adalah guru-guru dan kepala sekolah SDN 015 Sumberjo. Kegiatan PKMS ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru dalam mendesain pembelajaran berbasis LVED hingga menghasilkan produk perangkat pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PKMS ini dilakukan dalam tiga metode yaitu: (1) Metode paparan, diskusi, serta tanya jawab: Pemaparan tentang pengenalan lebih komprehensif tentang konsep pembelajaran berbasis LVED; <em>define, design, development, dan evaluation</em>, (2) Metode asistensi: Guru mulai menganalisis kebutuhan untuk mendesain pembelajaran berbasis LVED (3) Metode pendampingan: Tim pengabdi memberikan pendampingan kepada guru-guru untuk mendesain LVED.</p> Syamsiara Nur, Sainab Sainab Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4932 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0800 Inovasi Produk Melalui Ecobrick Pembuatan Tempat Sampah dari Limbah Plastik di SMAN 7 Makassar https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4292 <p>Sekolah menjadi salah satu tempat yang menghasilkan sampah plastik terbanyak. Jika penggunaan sampah tidak dikurangi, maka kedepannya akan berdampak pada rusaknya lingkungan sekolah. Sampah yang dihasilkan sekolah kebanyakan adalah jenis sampah kering yang sangat potensial untuk di daur ulang. Kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan mampu memberikan solusi inovatif mengatasi permasalahan limbah plastik di SMAN 7 Makassar melalui pembuatan <em>ecobrick</em> dan pemanfaatannya sebagai bahan baku tempat sampah dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pengelolaan limbah menjadi produk yang bermanfaat yang berdampak positif terhadap kreativitas, keterampilan dan kesadaran peserta didik menjaga lingkungan berupa rasa tanggung jawab sosial serta menjadi model bagi sekolah lain dalam mengelola limbah plastik secara berkelanjutan.</p> Nur Halisa, Wahdaniyah Wilyah, Sukriana Sukriana, Yuni Indrawati, Nur Wahyuli, Silva Rande, Tri Ananda, Ridha Nur Nabhila Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4292 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0800 Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Menjadi Ecobrick https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4316 <table> <tbody> <tr> <td> <p>Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan yang tidak kunjung terselesaikan di berbagai negara karena sifatnya yang sulit untuk diurai oleh tanah. Upaya untuk mengatasi permasalahan sampah plastik salah satunya yaitu pemanfaatan limbah sampah plastic menjadi<em> ecobrick</em>. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah agar siswa mampu memahami dampak negatif dari sampah plastik tersebut, agar mampu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dan cara mengolah limbah plastik dengan program ecobrick di Lingkungan SD Inpres Lambengi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik langsung dalam membuat <em>ecobrick</em>. <em>Ecobrik</em> merupakan metode daur ulang sampah plastik yang inovatif karena menggunakan sistem pengumpulan dan pemadatan sampah plastik kedalam botol plastik yang padat dan kokoh. Melalui kegiatan ini siswa tidak hanya belajar tentang pentingnya mengurangi sampah plastik sekali pakai tetapi siswa juga belajar kreativitas dalam memanfaatkan sampah plastik yang sebelumnya dianggap sebagai limbah. Pemanfaatan <em>ecobrik</em> dalam pembelajaran memiliki beberapa manfaat yang signifikan salah satunya mengajarkan siswa tentang tanggung jawab terhadap lingkungan, sebagai media pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembuatan <em>ecobrik</em>, dan siswa dapat merasakan manfaat langsung dari upaya mereka dalam mengurangi sampah plastik. Sehingga dengan adanya inisiatif ini generasi mendatang akan lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan berkontribusi pada solusi masalah sampah plastik secara global.</p> </td> </tr> </tbody> </table> R. A. Athifah Radhiyyah Ulfah, Rezki Rusman, Rizki Amaliah Afdal, Siskariani Siskariani, Sri Putri Rajab, Sukandi Sukandi, Suleha Suleha, Triana Triana, Wahyu Nengsi, Zahwa Aulia, Jamaluddin Arifin Copyright (c) 2025 Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/sipakaraya/article/view/4316 Mon, 31 Mar 2025 00:00:00 +0800