Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantu Instagram (IG) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Respirasi Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantu Instagram (IG) sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Majene, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga peneliti menggunakan XI MIA 1 dan XI MIA 2 sebagai subjek penelitian. Sebelum melakuan penelitian, instrumen yang akan digunakan divalidasi oleh 2 dosen ahli. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dan lembar respon siswa terhadap keterlaksanaan


sintaks. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistika inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 77.5 sedangkan nilai hasil belajar peserta didik kelas kontrol berada pada kategori sedang yaitu sebesar 55.39. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantu Instagram (IG) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.

Article Details

How to Cite
Amaliah, N., Galuh Try Astuti Ibrahim, & Phika Ainnadya Hasan. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantu Instagram (IG) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Respirasi Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Majene. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 4(1), 13-22. https://doi.org/10.31605/bioma.v4i1.1585