Penerapan Model Pembelajaran PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 3 Pessel

  • Muh. Inayah A.M
  • Fira Firdayanti Universitas Terbuka
Keywords: Model PAKEM; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA;

Abstract

Hasil penelitian perbaikan pembelajaran bersiklus-n ini merupakan refleksi penulis selama melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V MIN 3 Pessel, semester II dengan tahun ajaran 2022/2023. Total siswa yaitu 18 siswa yang didominasi oleh siswa perempuan sebanyak 13 orang dan sisanya laki-laki 5 orang, penelitian ini dilaksanakan bulan Mei tahun 2023. Perbaikan pembelajaran berfokus pada pembelajaran IPA, Tema yang diangkat tema 8 yang berjudul Lingkungan Sahabat Kita, dengan fokus pada Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pembelajaran IPA yang harus dicapai siswa yaitu 70. Pada siklus I hanya 7 siswa yang telah memenuhi syarat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan siklus II, terjadi kenaikan hasil belajar siswa, sebanyak 15 orang siswa memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Perolehan nilai baik siklus I maupun II nilai tertinggi yaitu 100 dan yang terendah 20. Sehingga dapat ditarik kesimpulan, penerapan model pembelajaran PAKEM mampu menunjang hasil belajar siswa pada siklus I hasilnya sebesar 38,8%, dan siklus II meningkat menjadi 83,3%. Disarankan guru lain juga menerapkan dan mengoptimalkan model pembelajaran PAKEM untuk mata pelajaran lainnya.

References

Anitah, S., Hermawan, A.H., Ruhimat, T., Wardani, I.G.A.K., &Juleha, S. (2022). Strategi Pembelajaran Di SD. Universitas Terbuka.

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D.P., Lubis, R., Wellyana, Fitriani, A., Noviyanto, T. S. H., Herlina, M., Wardani, K. D. K. A., Parera, M. M. A. E., & Rahmandani, F. (2021). Strategi Belajar Inovatif. (pp 1-3) (pp 7-8). Pradina Pustaka.

Fatimah, A.F.D., Nurlaeli, H., & Isnawati, P. (2020). Penerapan Model PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Di Kelas V Semester I SD Negeri Tayem 01 Karangpucung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kaban, R.H., Anzelina, D., Sinaga, F., & Silaban, P.J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102-109. file:///C:/Users/win%2010/Downloads/574-2224-3-PB.pdf

Khoiriyah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor Dan Isolator Panas Melalui Model PAKEM Pada Siswa Kelas VI SDN Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. JMP Online, 3(6), 838-852. e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/download/567/367

Mulasari, F.C. (2021). The Implementation Of The PAKEM Model To Increasing Activity And Results Of Science Learning On Green Plant Materials In Class V SD Negeri Cinyawang 02. [Paper Presentation]. Workshop Penguatan Kompetensi Guru.

Nugraha, M.F., Hendrawan, B., Pratiwi, A.S., Permana, R., Saleh, Y.T., Nurfitri, M., Nurkamilah, M., Trilesatri, A., & Husen. W.R. (Ed). (2020). Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edu Publisher.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 13. Nizamial Learning Centre.

Payadnya, I. P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (pp 84-75). Deepublish.

Ponidi, Dewi, N. A. K., Trisnawati, Puspita, D., Nagara, E. S., Kristin, M., Puastuti, D., Andewi, W., Anggraeni, L., & Utami, B. H. S. (Ed). (2021). Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. (pp. 88). Penerbit Adab

Rifa’i, M. H., Tanuki, Jalal. N. M., Sudarmadji, I., Lubis, N. F., Hudiah, A., Fachrurrozy, A., Swara, M. M., Supadmi, Djollong, A. F., & MAngsi, R. (Ed). (2022). Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, Dan Motivatif. (pp. 108-119). Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Sangadji, H., & Marasabessy, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 162 Kabupaten Halmahera Selatan. Kuantum Jurnal Pembelajaran & Sains Fisika. 2(2), 21-37. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.5730919

Serlita, M., & Praheto, B.E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan PAKEM Siswa Kelas V SD Negeri 13 Pemali. [Paper Presentation]. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pakem. Jurnal Pendidikan Indonesia. 1(3). https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/33/872

Sudirman, & Maru, R. (Ed). (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Badan Penerbit UNM.

Syahrizal, I., Tumiyem, Sitompul, H.S., Hisbullah, Hajar, A., Asriati, Widodo, H., Damanik, B., Wiramarta, K., Marlina, T., Hasyim, & F., Nadirah, S. (Ed). (2022). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar (SD). (pp. 113-115). Get Press.

Wardani, I. G. A. K., Juleha, S., Rahayu, U., dan Marsinah, N. (2016). Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). Universitas Terbuka.
Published
2023-06-11