Analisis Metode Pembelajaran Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih

  • Bakhtiar Anas STAIN Majene
  • Munawir Anas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI DDI Majene, Indonesia
Keywords: metode pembelajaran demonstrasi; hasil belajar; fikih;

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana metode pembelajaran demonstrasi digunakan dalam meningkatkan hasil belajar didik pada mata Pelajaran fikih di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui lebih dalam tentang bagaimana penerapan pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran fikih sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas VIII A MTs Ihyaul Ulum DDI Baruga Kabupaten Majene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih nilai hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan di kelas VIII A MTs Ihyaul Ulum DDI Baruga Kabupaten Majene.

References

Aqib, Zainal., & Ahmad Amrullah. (2020). Manajemen Belajar & Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Referensi.

Baharuddin., & Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bodi. K, Muh. Idham. (2019) Koroang Mala’biq: Al-Quran Terjemahan Bahasa Mandar dan Indonesia. Makassar: Balitbang Agama Islam.

Heru Kurniawan. (2021) Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Karwati, Euis., & Donni Juni Priansa (2014) Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Lefudin. (2014). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Mahmud, Saifuddin., & Muhammad Idham. (2017) Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mudlofir, Ali., & Evi Fatimatur Rusydiyah. (2019). Desain Pembelajaran Inovatif Teori ke Praktik. Depok: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursalim. (2018). Manajemen Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Hikam Media Utama.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S,. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK).

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.

Setiawan, M. Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Setyosari, Punaji. (2019). Desain Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Lidia. (2021). Strategi Pembelejaran Berbasis Motivasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2024-06-21