Efektivitas Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV MI Riyaadhul Faadhilin

  • Muh. Inayah A.M. Univesitas Sulawesi Barat
  • Syahril Universitas Terbuka
  • Muslim AR Universitas Tadulako
  • St Harpiani Univesitas Sulawesi Barat
Keywords: Strategi Pembelajaran; Problem Based Learning; Pemecahan Masalah Matematis;

Abstract

Model pembelajaran yang termuat dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis kelas IV MI Riyaadhul Faadhilin Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas strategi pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV MI Riyaadhul Faadhilin. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang atau bersiklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis dan efektifitas strategi pembelajaran Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru, yang dilaksanakan di MI Riyaadhul Faadhilin kelas IV pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 orang siswa, yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) mereduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Hasil tes siklus I menunjukkan persentase 25% dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 92% dari keseluruhan jumlah siswa. Hasil analisis data disimpulkan bahwa efektivitas strategi pembelajaran Problem Based Learning mampu membantu siswa memecahkan masalah matematis di kelas IV MI Riyaadhul Faadhilin.

References

Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar [A Meta-Analysis Of Problem-Based Learning Models In Increasing Critical Thinking Skills In Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding Of Biology Education, 3(1), 64-73.

Aulia, A., & Ellyana, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 272-278).

Creswell, J. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Thousand Oaks.

Habibi, M. (2018). Self-Determination in Mathematics Learning Process by Using Generative Multi–Representation Learning (GMRL) Model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012155). IOP Publishing.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Kemmis, S., McTaggart,&R., Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. New York: Springer.

Nofiani, S. (2020). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Permendikbud RI No. 21 (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putri, U. A., & Wahyudi, W. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 69-78.

Riska, N. V. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 457-471.

Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044-1051.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Wahyuddin. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMPN 1 SP Padang. UIN Raden Fatah Palembang.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal ilmiah dikdaya, 6(2), 12-19.

Published
2024-06-20