Efektivitas Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV MI Riyaadhul Faadhilin

  • Muh. Inayah A.M. Univesitas Sulawesi Barat
  • Syahril Universitas Terbuka
  • Muslim AR Universitas Tadulako
  • St Harpiani Univesitas Sulawesi Barat
Keywords: Strategi Pembelajaran; Problem Based Learning; Pemecahan Masalah Matematis;

Abstract

Model pembelajaran yang termuat dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis kelas IV MI Riyaadhul Faadhilin Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas strategi pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV MI Riyaadhul Faadhilin. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang atau bersiklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis dan efektifitas strategi pembelajaran Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru, yang dilaksanakan di MI Riyaadhul Faadhilin kelas IV pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 orang siswa, yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) mereduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Hasil tes siklus I menunjukkan persentase 25% dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 92% dari keseluruhan jumlah siswa. Hasil analisis data disimpulkan bahwa efektivitas strategi pembelajaran Problem Based Learning mampu membantu siswa memecahkan masalah matematis di kelas IV MI Riyaadhul Faadhilin.

Published
2024-06-20