Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Berdasarkan Systematic Literatur Review
Abstract
This study uses the Systematic Literature Review (SLR) method to collect, analyze, and assess scientific literature relevant to the topic in a structured manner. In this context, SLR is applied to systematically identify literature related to Psychomotor Assessment in Biology Learning. The data source of this study comes from articles in national research journals in the last 10 years, namely from 2014 to 2024. The research stages in this literature review consist of 6 stages, namely the selection of research topics, literature search, article reduction, article display, discussion, and conclusion. The result of this study is biology learning based on local wisdom in various schools, with diverse but positive results. These studies collectively show that local wisdom-based biology learning can be applied effectively in a variety of school environments and biology subjects.
Penelitian ini menggunakan metode Tinjauan Literatur Sistematis (SLR) untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menilai literatur ilmiah yang relevan dengan topik secara terstruktur. Dalam konteks ini, SLR diterapkan untuk secara sistematis mengidentifikasi literatur terkait Penilaian Psikomotorik Dalam Pembelajaran Biologi. Sumber data dari penelitian ini yakni berasal dari artikel-artikel pada jurnal penelitian nasional dalam 10 tahun terakhir, yakni tahun 2014 hingga 2024. Tahapan penelitian dalam kajian literatur ini terdiri dari 6 tahapan, yakni pemilihan topik penelitiaan, pencarian literatur, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran biologi berbasis kearifan local di berbagai sekolah, dengan hasil yang beragam namun cenderung positif. Studi-studi ini secara kolektif menunjukkan bahwa pembelajaran biologi berbasis kearifan local dapat diterapkan secara efektif di berbagai lingkungan sekolah dan mata pelajaran biologi.
References
Alimah, S. (2019). Kearifan Lokal Dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia Yang Literate dan Berkarakter Untuk Konservasi Alam. Jurnal Pendidikan Hayati, 1, 1.
Hidayah, M. (2017a). Development of Instrument of Psychomotor Assessment for Biological Outdoor Practicum At Sma (Senior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 1(2), 143–148.
Hidayah, M. (2017b). Pengembangan Instrumen Peneilaian Psikomotor Pada Outdoor Practicum Biologi SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 143–148. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio
Irmawati, M., & Iqbal, I. (2023). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 734–744.
Ismiati, I. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 222. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.218
Leksono, S. M. (2016). Pengaruh Pembelajaran Mini Riset Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Penguasaan Materi Biologi Konservasi. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 575–578.
Lidi, M. W., Daud, M. H., & Priska, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Analogi Objek dan Model-model Biologi Berbasis Kearifan Lokal Di Era Digitalisasi. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 70–78. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1362
Manda, D., & Arifin, I. (2024). Teacher’s Strategy in Fostering Students Empathy through Thematic Learning Approach in Elementary School. Celebes Journal of Elementary Education, 2(2), 92–100.
Pristiwanti, D., Badariah. Bai, Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Putri, S., & Darussyamsu, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Effectiveness Biology Learning Model Based on Local Wisdom. Prosiding SEMNAS BIO, 958–967. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/119
Silaban, O. R., & Sriyati, S. (2024). Tinjauan Pedagogi Biologi Berbasis Kearifan Lokal Naniura-Sashimi Batak. BIODIK, 10(2), 22–29. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.32255
Swandi, A., Amin, B. D., & Muin, F. (2018). 21 th century physics learning in senior high school through interactive computer simulation to enhance students achievement. International Conference on Mathematics and Science Education, 3, 130–135. http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/issue/view/3|ICMScE2018