PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS MAN 1 POLEWALI

  • Hikmawati Bahir Universitas Sulawesi Barat
Keywords: penggunaan gadget, motivasi belajar, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS MAN 1 Polewali Mandar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 87 siswa yaitu 30 siswa kelas XI IPS 1, 29 siswa kelas XI IPS 2 dan 28 siswa kelas XI IPS 3 MAN 1 Polewali Mandar yang dipilih sdengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket penggunaan gadget, (2) angket motivasi belajar, (3) tes hasil belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa: (1) penggunaan gadget berada pada kategori sedang, (2) motivasi belajar berada pada kategori sedang, dan (3) hasil belajar matematika siswa berada pada kategori kurang. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda, yaitu: (1) penggunaan gadget berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) penggunaan gadget dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Published
2022-07-25