PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN

  • Ramlah Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan desainnon-equivalen control group design yang bertujuan untuk untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik, (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran konvensional, serta (3) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi  dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Campalagian. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran realistik dan kelas VII B sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini secara cluster random sampling dari populasi yang homogen. Instrument penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu pretest dan posttest.Berdasarkan dari hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model reciprocal teaching sebesar 79,3077 lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional sebesar 71,0577 sehingga diperoleh selisihnya yaitu 79,3077- 71,0577 = 8,25, Hal ini dapat juga dilihat dari hasil uji hipotesis, dimana nilai signifikansi 0,00, akan tetapi karena penelitian ini uji 1 pihak, , sehingga nilai yang digunakan adalah 0,045, lebih kecil dari pada taraf signifikansi 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran realistik dan model konvensional.

Published
2022-07-26