ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS XII MIA 2 MAN 1 MAJENE

  • Arman Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Kognitif Field Independet (FI), Gaya Kognitif Field Dependent (FD)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XII MIA 2 MAN 1 Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XII MIA 2 MAN 1 Majene, yang dipilih 3 siswa dari masing-masing jenis gaya kognitif dengan purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi, data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara yang dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan gaya kognitif jenis Field Independent (FI) mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, Sedangkan siswa dengan gaya kognitif jenis Field Dependent (FD) belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis.

Published
2022-07-26