PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN REGULASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TINAMBUNG

  • Putri Ayu Universitas Sulawesi Barat
  • Nurfadilah Mahmud Universitas Sulawesi Barat
  • Aprisal Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Interaksi Teman Sebaya, Regulasi Diri, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh interaksi teman sebaya dan regulasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Tinambung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto yang bersifat Causal Comparative Research dengan sampel penelitian sebanyak 148 siswa yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, dan VIII G yang dipiih  dengan menggunakan  Probabilty Sampling (proportionate stratified random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan instrument: (1) angket interaksi teman sebaya, (2) angket regulasi diri, dan (3) tes hasil belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil pengujian deskriptif data menunjukkan bahwa: (1) interaksi teman sebaya berada pada kategori tinggi, (2) regulasi diri berada pada kategori sedang, dan (3) hasil belajar patematika siswa berada pada kategori tinggi. Adapun hipotesis  analisis inferensial dalam penelitian ini ada 3 dengan hasil pengujian menggunakan analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda, yaitu: (1) terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Tinambung, (2) terdapat pengaruh regulasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Tinambung, (3) terdapat interaksi teman sebaya  dan regulasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Tinambung.

Published
2023-02-05