PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEMPERHITUNGKAN KOVARIAT SELF EFFICACY SISWA SMP

  • Muhammad Syarifuddin Rahman Umum

Abstract

Penelitian eksperimen desain 3x3 faktorial pretest posttest by subject dengan sampel sebanyak 72 siswa, bertujuan untuk mempelajari (i) deskripsi hasil belajar matematika setelah diberi perlakuan kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar, (ii) pengaruh linier kovariat self efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika, dan (iii) faktor interaksi kombinasi model pembelajaran kooperatif (jigsaw, TAI dan STAD) dan motivasi belajar dengan mengontrol kedua faktor utama secara simultan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan memperhitungkan kovariat self efficacy siswa. Hasil analisis menggunakan Anakova menunjukkan bahwa (i) nilai rata-rata hasil belajar berfluktuasi pada masing-masing sel dalam mendukung hipotesis yang diajukan, (ii) kovariat self efficacy siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 0,310 satuan, dan dengan memperhitungkan kovariat self efficacy siswa, (iii) interaksi kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar secara simultan dengan mengontrol kedua faktor utama mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Published
2022-07-25