PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN LIMIT FUNGSI ALJABAR TERHADAP HASIL BELAJAR MURID SMA NEGERI 2 PURWAKARTA

  • Muhamad Prabu Adi Pratama Universitas Pendidikan Indonesia
  • Utin Syifaria Ghina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mispa Caroline Tambunan Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Limit Fungsi Aljabar, Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Riset ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan media video pembelajaran tentang limit fungsi aljabar dalam proses belajar matematika siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group, melibatkan 60 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIPA 3 dijadikan kelompok eksperimen sementara kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh melalui ujian awal (pretest) dan ujian akhir (posttest). Hasil analisis hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar matematika antara kedua kelompok (taraf signifikansi < 0,05). Meskipun demikian, penggunaan media video pembelajaran menunjukkan dampak yang tergolong sedang dan kurang efektif pada kelompok eksperimen, sementara pada kelompok kontrol menunjukkan dampak sedang dan cukup efektif. Secara keseluruhan, media video pembelajaran tentang limit fungsi aljabar tidak memberikan dampak yang signifikan pada hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Purwakarta.

Published
2024-03-14