EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN SETTING KOOPERATIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALOGI DAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS AL-FAKHRIYAH MAKASSAR

  • Irma Magfirah Irma Universitas Iqra Buru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Model Pembelajaran Discovery dengan Setting Kooperatif  Ditinjau Dari Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Al-Fakhriyah Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Fakhriyah Makassar dan sampel yakni kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan analogi dan generalisasi matematis siswa, angket minat peserta didik, dan angket respons peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran  berada pada kategori aktif dengan skor rata-rata 3,43, hasil belajar kemampuan analogi matematis siswa  berada pada kategori tinggi dengan mean 80,71 dan standar deviasi 7,37, hasil belajar kemampuan generalisasi matematis siswa berada pada kategori tinggi  dengan mean 81,32 dan standar deviasi 8,71, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 89,3%, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar kemampuan analogi dan generalisasi matematis siswa berada pada kategori tinggi, hasil minat belajar peserta didik berada pada kategori tinggi dengan  skor rata-rata 3,50, respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran discovery dengan setting kooperatif  berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,77. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery dengan Setting Kooperatif Ditinjau Dari Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII MTs Al-Fakhriyah Makassar.

Kata Kunci: Kemampuan Analogi, Kemampuan Generalisasi, Discovery dengan Setting Kooperatif

Published
2019-10-31