PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS DAN LITERASI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAJENE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis dan literasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Majene. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat Causal Comparative Research dengan sampel penelitian sebanyak 42 siswa yaitu kelas VIII A dan VIII D yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket disposisi matematis, (2) tes kemampuan literasi matematika, dan (3) tes hasil belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil pengujian deskriptif data menunjukkan bahwa: (1) disposisi matematis berada pada kategori rendah, (2) literasi matematika berada pada kategori cukup, dan (3) hasil belajar matematika berada pada kategori sedang. Adapun hipotesis dalam penelitian ini ada 3 dengan hasil pegujian menggunakan analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda, yaitu: (1) disposisi matematis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (2) literasi matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dan (3) disposisi matematis dan literasi matematika secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.