EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS-NOVICK DENGAN MEDIA EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Efektivitas, Model Konstruktivis Novick, Edutainment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment terhadap motivasi dan pemahaman konsep siswa. adapun populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Wonomulyo sebanyak 180 siswa yang terbagi kedalam 5 kelas, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa, lembar aktivitas siswa, dan angket motivasi siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment lebih besar dari rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment, (2) aktivitas siswa tergolong pada kategori sangat aktif, dan (3) rata-rata motivasi belajar siswa setelah penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment lebih besar dari rata-rata motivasi belajar siswa sebelum penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model konstruktivis novick dengan eduatinment efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Published
2019-10-31