Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Majene

  • Asmia Universitas Sulawesi Barat
  • Herna Universitas Sulawesi Barat
  • Ana Muliana Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Matematika, Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran matematika serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan model ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B Toleransi SMPN 2 Majene. Instrumen yang dignakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi ahli untuk mengukur validitas media, (2) lembar angket respon siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan media, dan (3) hasil belajar peserta didik untuk mengukur keefektifan media dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid oleh validator ahli media dengan rata-rata total sebesar 3,18 dalam kategori valid dan ahli materi dengan rata-rata total 3,18 termasuk kategori valid media pembelajaran dikatakan praktis dilihat dari respon sangat baik dan sangat positif yang diberikan siswa dan guru mata pelajaran matematika yaitu 3,63 atau 90,79% dan 3,61 atau 90,25%. Media pembelajaran dinyatakan efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran dari 36,2 menjadi 73,75 serta hasil analisis n-gain sebesar 0,58 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa yang termasuk dalam kategori sedang.

Published
2025-06-24