ANALISIS KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DENGAN IMPLEMENTASI GEOGEBRA

  • Alimuddin Universitas Negeri Makassar
  • Nur Indah Sari Universitas Negeri Makassar
  • Rezki Amaliah Nur Universitas Negeri Makassar
  • Mustika Sari Universitas Negeri Makassar
  • Zabina Shalsyabila Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pembelajaran Matematika, Persamaan Kuadrat, Geogebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat dengan implementasi GeoGebra pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, serta pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep persamaan kuadrat, mengidentifikasi metode pemfaktoran, dan menyelesaikan soal cerita dengan baik. Siswa juga dapat menerjemahkan masalah sehari-hari ke dalam model matematika dan menggunakan GeoGebra untuk memverifikasi jawaban. Meskipun demikian, siswa masih membutuhkan pendalaman dalam menjelaskan konsep secara sistematis dan cenderung lebih menyukai metode konvensional. Implementasi GeoGebra dalam pembelajaran ini menunjukkan potensi sebagai alat bantu yang menarik, namun belum sepenuhnya menggantikan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan GeoGebra dapat melengkapi pembelajaran matematika, tetapi perlu diintegrasikan dengan metode pembelajaran lain untuk mencapai hasil yang optimal.

Published
2024-12-09