PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 5 TINAMBUNG DENGAN PENGGUNAAN METODE DRILL

  • Helmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Fauziah Hakim Universitas Sulawesi Barat
  • Rezki Amaliyah AR Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Metode drill, literasi matematika, numerasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika siswa kelas VIII C SMPN 5 Tinambung dengan penggunaan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa pada siklus I sebesar 3,85% dengan nilai kategori tinggi, 61,54% dengan nilai kategori sedang, dan 34,61% dengan nilai kategori rendah. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 88,46% siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori tinggi, 3,85% dengan kategori sedang, dan 7,69% dengan kategori rendah. Untuk angket respons siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 78,27% menjadi 92,04% dengan kategori tinggi sekali, begitupula dengan persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase 87,98% meningkat menjadi 96,64% dengan kategori baik sekali, untuk persentase aktivitas guru sebesar 93,27% pada siklus I, 97,12% siklus II dengan kategori baik sekali. Hal ini dapat dinyatakan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus II. Dengan demikian, kemampuan literasi numerasi siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode drill.

Published
2024-12-28