PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 5 TINAMBUNG DENGAN PENGGUNAAN METODE DRILL
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika siswa kelas VIII C SMPN 5 Tinambung dengan penggunaan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa pada siklus I sebesar 3,85% dengan nilai kategori tinggi, 61,54% dengan nilai kategori sedang, dan 34,61% dengan nilai kategori rendah. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 88,46% siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori tinggi, 3,85% dengan kategori sedang, dan 7,69% dengan kategori rendah. Untuk angket respons siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 78,27% menjadi 92,04% dengan kategori tinggi sekali, begitupula dengan persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase 87,98% meningkat menjadi 96,64% dengan kategori baik sekali, untuk persentase aktivitas guru sebesar 93,27% pada siklus I, 97,12% siklus II dengan kategori baik sekali. Hal ini dapat dinyatakan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus II. Dengan demikian, kemampuan literasi numerasi siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode drill.