Main Article Content
Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan keampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas Problem Based Learning dengan kelas discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian True Experimen dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 3 yang diajar menggunakan model Problem Based Learning memperoleh skor rata-rata sebesar 56,3. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA yang diajar menggunakan model discovery learning memperoleh skor rata-rata sebesar 51,7, dan pada analisis inferensial menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan yang diajar dengan menggunakan model discovery learning, akan tetapi perbedaan yang diperoleh tidak signifikan.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).