Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan membandingkan capaian pembelajaran IPA antara kedua versi kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Merdeka revisi 2024 dengan fokus pada perubahan konten, metodologi pengajaran, dan hasil yang akan dicapai oleh siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik, pengambil kebijakan, pihak-pihak terkait lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan IPA serta memberikan rekomendasi yang dapat mendukung implementasi kurikulum yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan masa kini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan analisis dokumen, wawancara, survei, serta observasi untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang perubahan dan dampaknya terhadap pendidikan dengan tema Analisis Komparatif Capaian Pembelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Merdeka Revisi 2024. Hasil penelitian ini yaitu: Kurikulum Merdeka revisi 2024 tetap melanjutkan prinsip-prinsip dasar dari Kurikulum Merdeka namun dengan beberapa penyesuaian dan penambahan untuk mengakomodasi perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa. Materi IPA di dalamnya juga semakin relevan dengan isu-isu global, pemecahan masalah yang solutif dan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru, tetap berfokus pada kebutuhan siswa serta menggunakan pendekatan yang lebih inovatif dalam pembelajaran dan penilaian.