Main Article Content

Abstract

Abstrak


Perkembangan teknologi digital dalam dunia pendidikan mendorong inovasi media pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa. Salah satu inovasi tersebut adalah Augmented Reality (AR) yang memungkinkan integrasi objek virtual ke dalam dunia nyata secara interaktif. Penggunaan media AR menjadi solusi potensial dalam pembelajaran IPA yang kerap melibatkan konsep-konsep abstrak dan visualisasi kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis AR terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi IPA. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Sampel terdiri atas 34 mahasiswa dalam satu kelas yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media AR selama empat kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik paired sample t-test untuk menguji signifikansi perbedaan skor sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa setelah penggunaan media AR. Rata-rata skor posttest mengalami kenaikan dibandingkan pretest, yang mengindikasikan bahwa penggunaan media AR mampu meningkatkan pemahaman konsep, memperkuat keterlibatan belajar, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih kontekstual dan menarik. Dengan demikian, media Aura layak dijadikan alternatif media pembelajaran inovatif dalam pendidikan IPA tingkat perguruan tinggi.

Keywords

Augmented Reality, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Article Details