Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang diajar dan tidak diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Desain yang digunakan yaitu The Matching Only Posttes Only Control Group Design yang mengggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Populasinya adalah semua peserta didik kelas X IPA SMAN 4 Gowa, sedangkan sampelnya yaitu Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t2 sampel independen sehingga diperoleh thitung = 5,27 dan ttabel = 2,05 dari hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa th> tt sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian nya adalah terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dan tidak diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. Dengan kata lain, model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).