Main Article Content

Abstract

Setiap pelaku usaha atau pelaku ekonomi pasti melakukan prinsip ekonomi yaitu dengan modal yang sedikit mampu menghasilkan keuntungan maksimal, mengakibatkan munculnya masalah optimasi meliputi meminimumkan biaya atau memaksimumkan keuntungan dengan kapasitas sumber daya yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi produk tenun sa’be Toko Mandar Sutera menggunakan algoritma Branch and Bound. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma Branch and Bound. Dalam penelitian ini diambil 11 jenis sarung, yakni sapeq, sapeq bocoq, pucuk, kotak-kotak, burberry, bunga kaiyang, arjuna, kucing garong, sandeq, lontara, dan malolo. Upaya optimalisasi keuntungan produk tenun sa’be memiliki beberapa kendala, yaitu persedian, bahan baku, waktu pembutan, jumlah karyawan, dan kapasitas gudang. Solusi awal diperoleh dengan menggunakan metode simpleks. Apabila hasilnya bernilai non integer maka dilanjutkan dengan algoritma Branch and Bound untuk mendapatkan solusi yang integer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa untuk mengoptimalkan produk tenun sa’be dengan keuntungan maksimal, maka Toko Mandar Sutera memproduksi produk jenis sapeq sebanyak 2 buah, burberry sebanyak 2 buah dan lontara sebanyak 1 buah dengan keuntungan produksi sebesar Rp460.000,00 per bulan

Keywords

Algoritma Branch and bound integer metode simpleks optimalisasi

Article Details

References

  1. [1] Sitorus, P., 1997, Program Linier, Universitas Trisakti, Jakarta.
  2. [2] Wirdasari, D., 2009, Metode Simpleks dalam Program Linier, Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), Vol. 6, No. 1
  3. [3] Nurjanah., 2018, Metode Branch and Bound untuk Meminimalkan Biaya Bahan Baku Produksi, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
  4. [4] Hikmah dan Nusyafitri., 2017, Aplikasi Integer Programming untuk Meminimumkan Biaya Produksi pada Siaputo Aluminium. Jurnal Saintifik, Vol. 3, No. 2.
  5. [5] Meliana, dkk., 2019, Penerapan Algoritma Branch and Bound dalam menentukan Optimasi Produksi Roti, Buletin ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster), Vol. 08, No. 4 hal. 705-714.
  6. [6] Suryawan, G, dkk., 2016, Penerapan Branch and Bound dalam Optimalisasi Produksi Roti, Jurnal Matematika. Vol. 5(4), hal. 148-155.
  7. [7] Najmi, H., 2020, Penerapan Metode Branch and Bound dalam Optimalisasi Produk Mebel, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
  8. [8] Ansar., 2018, Implementasi Metode Cutting Plane dalam Optimasi Jumlah Produksi Mei Cap Jepol, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.
  9. [9] Hartono, Widi., 2014, Implementasi Algoritma Branch and Bound pada 0-1 Knapsack Problem untuk mengoptimalkan Muatan Barang, Jurnal Matematika, Semarang.
  10. [10] Pasaribu, Apriandy Hasian., 2018, Implementasi Metode Branch and Bound dalam Mengoptimalkan Jumlah Produk Guna Memaksimalkan Keuntungan (Studi Kasus: CV. Ridho Mandiri), Skripsi, Sarjana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan.