Penggunaan Metode Diskusi Berbasis Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Yospin Universitas Terbuka
  • Ering Purwanto Adi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Ilham S Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Diskusi; Hasil Belajar; Media Gambar;

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai Pendidikan Kewarganegaraan melalui penggunaan metode diskusi pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Ulak Jermun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 16 siswa di kelas II SD Negeri 1 Ulak Jermun Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik pengumpulan data yang diambil yaitu saat mulai mengajar, melakukan kegiatan, dan juga mengamati kelas dan murid. Lalu tenik analisis data yang digunakan yaitu evaluasi kualitatif.  Dari hasil penelitian penggunaan metode diskusi yang berbasis media pembelajaran sangat tepat untuk siswa kelas II, pada prasiklus ada 4 siswa yang memperoleh nilai diatas standar ketuntasan ataupun cuma 19,7%, setelah itu pada siklus 1 siswa telah sanggup menguasai pembelajaran yakni ada 10 siswa yang mendapatkan nilai diatas standar ketuntasan dengan persentase 80, 7%. Kemudian dilanjutkan dengan siklus 2 yakni seluruh siswa memperoleh nilai diatas standar ketuntasan. Hingga bisa disimpulkan dengan metode diskusi memanfaatkan media visual bisa meningkatkan nilai siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Ulak Jermun.

References

Afrida, E. (2019). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas II D SD Negeri 64/IV Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi , 282-291.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Damri, M. P., Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan kewarganegaraan. Prenada Media.
Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar . Jurnal Pendidikan Islam, 43-54.
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 127-140.
Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-9.
Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Siregar, E. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengapdian Kepada Masyarakat, 20-25.
Sri, A. W. (2019). Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sucipto, R. H., & Alanur, S. N. (2021). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Tampubolon, M. (2016). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 49-57.
Tarigan, E. T. (2017). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Digital Repository Universitas Negeri Medan, 250-253.
Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 10(2), 31-41.
Tyas, D., Wahyuningtias, E., & Agung , S. (2017). Erlangga Straight Point Series Pkn untuk SD/MI kelas II. Jakarta: Erlangga.
Wardhani, I., & Wihardit, K. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Published
2023-06-11