Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (eksperimental) dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan metode problem solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Parepare yang tersebar dalam 6 kelas parallel. Sedangkan sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 23 siswa dan VII B yang berjumlah 23 siswa tahun ajaran 2021/2022. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan uji Prasyarat yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas data. Sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji T Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil pretest untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 47,82 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata 78,43; 2) hasil pretest untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 42,82 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata yaitu 77,56; 3) Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t di peroleh thitung = 1,96 dan diperoleh nilai signifikansi 0,01< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Parepare.


Abstract


The experimental design is used in this research with a quantitative approach. The research aimed to describe the Effectiveness of problem-solving methods that effective to improve the learning outcomes of the 7-grade students in SMP Negeri 5 Parepare. The population were all VII grade students of SMP neg 5 Parepare in six parallel classes. Cluster random sampling is used to determine the sample. The samples were 23 students of VII A and 23 students of VII classes in the academic year 2021/2022. the research instrument was a mathematics achievement test. Furthermore, T independent Sample T-Test is used to test the hypothesis. The data is analyzed with normality and homogeneity test. The research found out that 1) the average experimental class pretest score was 47,82 and the post-test was 78,43; 2) the average controlled class pretest score was 42.82 and the post-test was 77,56; 3) based on the hypotheses testing by T-Test, 1,96 score is found, and the significant score was 0,01 < 0.05 which mean the Ho is rejected, and the H1 is accepted which is problem-solving method was effective to improve the learning outcomes of the 7-grade students in SMP Negeri 5 Parepare.

Keywords

Hasil Belajar Problem Solving Matematika

Article Details