Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi media digital pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Pemilihan responden menggunakan teknik random sampling. Jumlah responden penelitian 240 orang yang merupakan mahasiswa aktif angkatan 2015-2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar angket. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif yang meliputi individual competences framework. Hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa Pendidikan Biologi pada kategori use (technical skill) 63.33% di tingkatan medium dan 36,67% di tingkatan advanced. Tingkat literasi media digital mahasiswa Pendidikan Biologi pada kategori critical understanding 0.4% berada pada tingkatan basic, 80% pada tingkatan medium, dan 19,59% pada tingkatan advanced. Sedangkan untuk kategori communicative abilities 1.25% berada di tingkatan basic, 80% di tingkatan medium, dan 17,9% berada di tingkatan advanced. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi media digital mahasiswa Pendidikan Biologi ditinjau dari individual competences framework sebagian besar masih berada pada tingkatan medium. Hasil ini dapat menjadi rujukan dalam penentuan kebijakan institusi untuk meningkatkan kemampuan literasi media digital pada mahasiswa.


 


Abstract


This study aims to determine the digital media literacy level of students in the Biology Education program in the industrial revolution 4.0 era. This research is quantitative descriptive research, using a survey method. Selection of respondents using a random sampling technique. The number of research respondents was 240 people who were active students of the 2015 – 2021 class. The instrument used in this study was a questionnaire sheet. Data analysis was performed using descriptive analysis which included the individual competencies framework. The results showed that students of Biology Education in the category of use (technical skills) were 63.33% at the medium level and 36.67% at the advanced level. The digital media literacy level of Biology Education students in the critical understanding category is 0.4% at the basic level, 80% at the medium level, and 19.59% at the advanced level. Meanwhile, for the category of communicative abilities, 1.25% is at the basic level, 80% is at the medium level, and 17.9% is at the advanced level. Based on these results, it can be concluded that the level of media digital literacy of Biology Education students in terms of individual competencies framework is mostly still at the medium level. These results can be used as a reference in determining institutional policies to improve students’ digital media literacy skills.

Keywords

Individual comptences framework Literasi digital Mahasiswa

Article Details