Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran statistika terapan berbasis kasus yang berkualitas baik yaitu memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, pada materi analisis regresi. Penelitian ini merupakan penelitian desain (design research). Penelitian dilakukan dengan mengikuti siklus Mc. Kenney yang terdiri dari tiga fase, yakni: preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase, dan menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari 11 langkah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Kelas MT-III.1 Program Studi Pendidikan Matematika STKIP YPUP Makassar semester III tahun akademik 2018/2019, sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar validasi desain pembelajaran, instrumen tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas mahasiswa dan kemampuan dosen mengelola pembelajaran, dan angket respon mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa: (1) Desain pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan sehingga layak digunakan berdasarkan hasil penilaian 2 (dua) orang validator yang memiliki kompetensi masing-masing dalam bidang pendidikan dan statistika; (2) Kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran sebesar 84,05%, berada pada kategori baik sesuai hasil uji coba desain pembelajaran yang dikembangkan, sehingga desain pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan; (3) Rata-rata hasil belajar mahasiswa mencapai KKM yaitu 82,4 dengan standar deviasi sebesar 8,4 dan ketuntasan klasikal 85,71% terpenuhi, aktivitas mahasiswa sebesar 89,36%, berada pada kategori aktif, dan respon mahasiswa sebesar 79,05, berada pada kategori positif, sehingga desain pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. Jadi dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran berbasis kasus untuk perkuliahan statistika terapan mahasiswa pendidikan matematika STKIP YPUP Makassar, berkualitas baik yaitu memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Keywords

Desain Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Kasus

Article Details