Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan analisis uji validitas tes buatan guru bahasa Bugis dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) kelas IX 1 SMPN 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.  Data penelitian adalah tes-tes buatan guru sekolah yang telah diberikan kepada siswa. Sumber data penelitian ini adalah sumber tertulis berupa silabus, RPP kisi-kisi, soal (tes) yang telah dibuat guru bahasa Bugis SMPN 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Hasil penelitian ini Piranti Lunak Artificial Intelligence (AI) (Test-Analysis Software) berjalan sesuai yang diharapkan. Analisis uji validitas tes buatan guru menggunakan Artificial Intelligence (AI) berupa soal uraian menggunakan empat instrumen. Adapun keempat instrumen dalam menguji validitas, yaitu 1) penilaian RPP yang berada pada tataran kategori baik atau valid. 2) pengamatan uji validitas yang berada pada kategori sangat baik atau sangat valid. 3) respon siswa yang terdiri tiga kategori validitas soal (27%) yang tidak valid atau respon yang kurang baik dan respon peserta didik terhadap tes buatan guru bahasa Bugis menunjukkan valid atau respon yang baik berjumlah 24 siswa (73%). 4) analisis butir soal yang terdiri dari kategori sangat tinggi terdapat dua butir soal, yaitu butir soal ke-1 dan ke-4 (28.6 %), kategori tinggi, yaitu tiga butir soal berkategori tinggi, yaitu butir soal nomor ke-5, ke-6, dan ke-7 (42.8 %), dan kategori sedang, terdapat dua butir soal berkategori sedang, yaitu butir soal nomor 2 dan 3 (28.6). Pengujian validitas tes buatan guru ini menyatakan bahwa tes buatan guru ini berdasarkan pengkategorian validitas isi, konstruk, dan kriteria/empiris adalah valid.


 

Article Details

How to Cite
yusuf, andi muh. (2018). Analisis Uji Validitas Tes Buatan Guru Bahasa Bugis dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) Kelas IX 1 SMPN 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Journal of Computer and Information System ( J-CIS ), 1(1), 50-63. https://doi.org/10.31605/jcis.v1i1.242